Nihil Kasus Penularan Rabies, Diskanak Kab Bogor Tertap Berikan Vaksin Rutin dan Gratis

Nihil Kasus Penularan Rabies, Diskanak Kab Bogor Tertap Berikan Vaksin Rutin dan Gratis
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Bogor - Kendati tidak ada kasus penyularan penyakit rabies di Bumi Tegar Beriman sejak 1989, namun karena berbatasan langsung dengan daerah tertular maka Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) masih melakukan vaksinasi rutin gratis.

"Karena daerah Sukabumi dan Cianjur masih ada kasus  makakami tetap melaksanakan vaksinasi rutin gratis di 6 Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Hewan (UPT Puskeswan) yaitu wilayah Laladon, Jasinga, Cibinong, Jonggol, Pamijahan dan Babakan Madang. Bagi pemilik hewan  seperti anjing, kucing, musang, kera dan kelelawar bisa mendatangi UPT Puskeswan terdekat," ujar Kepala Diskanak Kabupaten Bogor Oetje Soebagdja kepada wartawan, Minggu (27/9/2020).

Dia menambahkan, vaksinasi rutin gratis ini bekerjasama dengan Dinas kesehatan dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Wilayah I Jawa Barat.


"Kalau untuk manusia yang terkena gigitan hewan penular rabies maka akan divaksin oleh Dinas Kesehatan, kalau hewannya yang rabies itu kera  maka akan divaksin oleh BBKSDA Wilayah I Jawa Barat sementara untuk hewan anjing dan kucing yang tertular rabies maka pemberian vaksinnya dilakukan Diskanak," tambahnya.

Pemberian vaksinasi rutin gratis ini dilakukan jajarannya bertepatan dengan World Rabies Day (WRD) tingkat Kabupaten Bogor setiap 28 September. (Reza Zurifwan)