2021, Dishub Bangun Gedung Kir di Leuwiliang

2021, Dishub Bangun Gedung Kir di Leuwiliang
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Leuwiliang - Pada 2021 mendatang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor berencana akan membangun Gedung Pengujian Kelayakan Kendaraan Bermotor.

Hal ini dilakukan demi percepatan pelayanan dan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Jika berhasil mencapai tujuan itu, maka langkah serupa akan dilakukan di wilayah timur Kabupaten Bogor.

"Pembangun gedung kir itu karena banyak kendaraan bermotor di wilayah Barat Kabupaten Bogor yang belum melakukan uji kir," ucap Kepala Dishub Kabupaten Bogor Ade Mulyana kepada wartawan, Rabu (23/9/2020).


Dia menerangkan, saat ini jajarannya sedang menyusun detail engineering design (DED) gedung tersebut.

"Tahun ini kami masih menyusun DED, lalu setelah angka prakiraan anggaran biaya pembangunannya ada baru kita usulkan hingga kalau disetujui Bupati Bogor Ade Yasin baru akan dilaksanakan pembangunannya pada Tahun 2021 mendatang," terangnya.

Ade menjelaskan, gedung pengujian kelayakan kendaraan bermotor itu akan berdiri di atas lahan seluas 1,6 hektare. Kini, jajarannya dibantu Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) sedang mencari lahan calon lokasi gedungnya.

"Kabarnya ada aset Pemprov Jawa Barat yang kriteria lahan dan lokasinya sesuai dengan rencana kami, mudah-mudahan DPKAD bisa mengupayakan proses ruislagh antara aset Pemprov Jawa Barat dengan aset Pemkab Bogor," jelas Ade. 

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor Sastra Winara mengungkapkan jajarannya menyetujui dan mendukung rencana Dishub tersebut, hal itu dikarenakan banyaknya keluhan masyarakat di wilayah Barat Kabupaten Bogor.

"Warga wilayah Barat Kabupaten Bogor itu merasa terlalu jauh kalau harus melakukan uji kelayakan kendaraan bermotornya di Kecamatan Cibinong, oleh karena itu kami menyetujui dan  mendukung rencana pembangunan Gedung Pengujian Kelayakan Kendaraan Bermotor tersebut," ungkap Sastra. (Reza Zurifwan)