Angka Reproduksi Covid-19 Masih di Atas Satu, Uu Imbau Masyarakat DKI Tidak ke Jabar

Angka Reproduksi Covid-19 Masih di Atas Satu, Uu Imbau Masyarakat DKI Tidak ke Jabar
Foto: Ridwan Abdul Malik



INILAH, Bandung - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruhzanul Ulum mengimbau warga DKI Jakarta untuk tidak datang ke Jawa Barat jika tidak ada kepentingan. Meski begitu, Pemprov Jabar tidak melarang secara resmi.

Imbauan ini seiring dengan angka reproduksi Covid-19 di Jawa Barat yang masih berada di angka 1,03. Namun, angka reproduksi Covid-19 tersebut sebenarnya sudah mengalami penurunan dari sebelumnya 1,13.

"Pak Gubernur (Ridwan Kamil) kemarin seolah-olah menguatkan masyarakat Jakarta untuk punten teu kenging ka Jawa Barat," ucap Uu saat ditemui di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-hatta, Kota Bandung, Senin (21/9/2020).


Meski begitu, Uu menjelaskan imbauan tersebut tidak mengikat. Artinya, larangan bagi warga DKI Jakarta untuk tidak datang ke Jawa Barat hanya bersifat imbauan bagi masyarakat yang bertujuan untuk melancong saja atau berwisata.

"Kami tidak bisa melarang yah, kemana pun kita boleh, tapi harus ada saling pengertian. Ya kalau ga penting banget ke bandung lah ga usah gitu. Jaga diri kan lebih utama," ujar Uu.

Lebih lanjut, Uu menambahkan imbauan tersebut diberikan bukan tanpa dasar. Pasalnya, berdasarkan penelitian yang dilakukan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Barat, meningkatnya angka positif Covid-19 di sebuah wilayah, akibat banyaknya mobilitas masyarakat di wilayah tersebut.

"Hasil survei yang menunjukan peningkatan itu yang mobilitas masyarakatnya tinggi. Oleh karena itu salah satu solusi kalau tidak terlalu penting jangan keluar rumah," pungkas Uu. (Ridwan Abdul Malik)