Ini Cara Kodim 0621 Memuji Jiwa Patriotisme Budayawan

Ini Cara Kodim 0621 Memuji Jiwa Patriotisme Budayawan



INILAH, Bogor - Kodim 0621 Kabupaten Bogor memuji jiwa patriotisme para penggiat budaya. Karena itu, mereka mengadakan komunikasi sosial kreatif dengan mengadakan lomba tari jaipong dan pencak silat memperebutkan Piala Kodim 0621, diikuti sanggar tari maupun perguruan silat.

"Kami menyakini dan memuji jiwa patriotisme para budayawan, karena mereka dengan senang hati dan cintanya melestarikan kearifan lokal hingga tidak punah ditelan jaman," kata Pasiter Kodim 0621 Kabupaten Bogor Kapten Andika Fitiadi Malayu kepada wartawan, Rabu (16/9/2020).

Ia menerangkan lomba tari jaipong dan pencak silat yang memperebutkan piala Kodim 0621 ini diikuti dari puluhan sanggar tari yang ada di Bumi Tegar Beriman.


"Sanggar tari maupun perguruan silat yang memperebutkan Piala Kodim 0621 Kabupaten Bogor ini merupakan binaan Koramil-Koramil. Kami juga melibatkan Dinas Kebudayaan dan Parawisata Kabupaten Bogor dan para ahli tari atau jaiponng untuk ikut memberikan penilaian," terangnya.

Andika berharap kearifan lokal Bumi Tegar Beriman atau Jaa Barat seperti tari jaipong dan pencak silat terus dilestarikan, tidak hilang dan tidak direbut oleh bangsa lain yang serumpun atau tidak serumpun.

"Jangan sampai kearifan lokal Bogor maupun Jawa Barat diakui oleh bangsa lain baru kita sadar bahwa itu milik kita, oleh karena itu kita harus mencintai dan melestarikan seni serta  budaya kita," harap Kapten Andika.

Pria asli Sumatera Barat ini melanjutkan selain memberikan hadiah piala bergilir ataupun tetap, Kodim 0621 Kabupaten Bogor juga memberikan hadiah lain berupa uang pembinaan.

"Kepada para pelaku pelestari seni dan budaya ini,  kami meminta jangan melihat besar uang pembinaannya tetapi apresiasi kami terhadap kearifan lokal. Kami sadar seni dan budaya tidak ternilai, namun harus kita sadari bahwa itu semua," lanjutnya. (Reza Zurifwan)