Zulham Zamrun Mulai Asik Jadi Kiper*

Zulham Zamrun Mulai Asik Jadi Kiper*
Zulham Zamrun. (Antara Foto)



INILAH, Bandung - Penyerang Persib Bandung, Zulham Zamrun mulai keasikan memerankan posisi sebagai kiper. Itu terjadi di sesi latihan yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Selasa (8/9/2020) kemarin.

Bahkan pemilik nomor punggung 17 ini merasa sudah terbiasa memerankannya. Terbukti, beberapa sepakan dari rekan setimnya mampu dihalau dengan baik. 

Zulham mengaku posisi kiper tak nampak asing baginya. Sebab pemain asal Ternate ini memulai karier sepak bolanya sebagai kiper. 


"Sebenarnya sih dulu mulai jadi pesepakbola itu dimulai menjadi seorang penjaga gawang. Tapi engga keterusan karena saya pikir, postur saya tidak terlalu tinggi jadi beralih ke pemain menyerang saja," ungkap Zulham. 

Karena itu, pemain yang turut mengantarkan Persib juara Piala Presiden 2015 ini tak mengalami kesulitan memerankan posisi sebagai kiper. Sebab dasar-dasar untuk menjadi kiper sudah dimilikinya. 

"Seperti kemarin di PSM, saya berani ditunjuk sebagai penjaga gawang karena penjaga gawangnya cedera dan kartu merah," katanya.

Benar saja, kala itu Zulham dipercaya menjadi kiper lantaran dua penjaga gawang PSM, Rivky Mokodompit dan Herry Prasetyo, mengalami cedera pada pertandingan melawan Semen Padang. 

Awalnya, Rivky Mokodompit mengalami cedera setelah berbenturan dengan pemain Semen Padang pada menit ke-41.Tugasnya digantikan oleh Herry Prasetyo yang ternyata juga mengalami cedera pada pertengahan babak kedua.

Pergantian pemain PSM Makassar saat itu sudah habis dan memaksa Zulham Zamrun bertugas menjadi kiper. Namun di menit ke-89, gawang yang dijaga Zulham kebobolan hingga PSM menyerah 1-2 dari Semen Padang.

"Mungkin sekarang di Indonesia sudah pada tahu itu menjadi alternatif sebagai sebuah klub apabila ada penjaga gawang yang cedera atau sakit, saya selalu siap, tegasnya.

Disinggung mengenai inspirasinya sebagai kiper, Zulham menunjuk rekan setimnya I Made Wirawan. Menurutnya kiper asal Bali itu sangat nyaman dipandang saat memerankan posisinya. 

"Kalau pribadi, ada satu legend di Ternate. Saya selalu melihat dia. Dia adalah Muchlis Sahrun mantan pemain Persiter Ternate. Dia gesit," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)