Kantor Pemkab Cirebon Lockdown Sebagian, Pelayanan Tetap Berjalan

Kantor Pemkab Cirebon Lockdown Sebagian, Pelayanan Tetap Berjalan
istimewa



INILAH, Cirebon -  Adanya beberapa pegawai ASN di lingkungan Setda Pemkab Cirebon, yang terpapar Covid-19 berdampak luas. Akibatnya, Setda Pemkab Cirebon harus menutup sementara beberapa bagian. Namun, pelayanan umum yang menyangkut lini seluruh SKPD, tetap berjalan seperti biasa. Demikian dikatakan Kabag Humas Pemkab Cirebon, Nanan Abdul Manan, Selasa (8/9/2020).

Nanang menjelaskan, saat ini pihaknya sedang menunggu hasil swab test masalah sekitar 320 pegawai yang ada dilingkungan Setda. Mereka adalah ASN, honorer, security, cleaning servis serta pegawai kantin. Mereka yang setiap hari ada dilingkungan Setda, tidak luput dari swab test massal.

"Kami tidak mau kecolongan. Semua yang ada dilingkungan Setda kami sudah lakukan swab test. Sekarang juga akan mengajukan surat ke Dinkes, untuk permohonan percepatan hasil swab test. Ini supaya kinerja kita tidak terganggu," ungkap Nanan.


Walaupun begitu, pelayanan pada berapa bagian, tetap berjalan dengan sistim bergiliran. Bagian tersebut adalah humas, umum dan bagian administrasi keuangan. Tiga bagian tersebut tugas dan fungsinya sangat vital karena terkoneksi langsung dengan pelayanan disemua OPD Kabupaten Cirebon.

"Sesuai dengan arahan bupati dan sekda, kita buka tiga bagian pelayanan saja. Selebihnya mereka kerja dengan sistim WFH.  Makanya kami akan kenapa meminta percepatan hasil swab test, supaya segera diketahui mana yang positif," jelas Nanan.

Nanang menambahkan, kalau sudah diketahui berapa orang yang positif, maka mereka harus melakukan isolasi mandiri, kalau saja menang tidak bergejala. Sedangkan yang bergejala, maka akan dirawat dirumah sakit. Kalau sudah diketahui, maka bagi mereka yang negatif covid, diharuska kembali bekerja seperti biasa.

"Kita meminta percepatan itu, supaya bisa segera diketahui hasilnya. Ini agar kerja dan pelayanan di setda kembali normal," tukas Nanan.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, ada beberapa pegawai dilingkungan Setda Pemkab Cirebon yang positif covid. Kejadian tersebut menggemparkan seluruh pegawai Pemkab Cirebon. Namun, hasil PCR portable secara cepat ternyata Bupati, Sekda, para asisten dan Kabag humas, negatif covid. Saat ini, Pemkab tinggal menunggu hasil swab test 320 pegawai dilingkungan Setda Pemkab Cirebon.

Sementara pantauan di gedung Setda Pemkab Cirebon menyebutkan, parkiran belakang yang biasanya dipenuhi kendaraan dinas, terlihat kosong. Hanya ada beberapa kendaraan saja yang jumlahnya bisa dihitung dengan jari.  (maman suharman)