Mantap...Tak Lagi Merah, Kota Bogor Kini Oranye

Mantap...Tak Lagi Merah, Kota Bogor Kini Oranye



INILAH, Bogor - Wali Kota Bogor Bima Arya menyatakan Kota Bogor kembali berstatus zona oranye setelah sembilan hari berstatus zona merah Covid-19. Hal itu dikarenakan adanya penurunan jumlah kasus baru Covid-19.

"Tadi malam alhamdulillah, data sudah di update, turun menjadi zona oranye," ungkap Bima Arya pasa Senin (7/9/2020) siang.

Bima melanjutkan, perubahan status ini dikarenakan pemberlakukan pembatasan sosial berskala mikro, di antaranya adanya pembatasan jam operasional usaha seperti mal, restoran, cafe, dan lainnya hingga pukul 18.00 WIB. Selain itu pemberlakuan jam malam dimulai pukul 21.00 WIB. 

"Ya berarti satu minggu yang kami lakukan ada hasilnya. Ini kembali ke zona oranye," tambahnya.

Bima menjelaskan, untuk pemberlakuan jam malam dan pembatasan aktivitas usaha dinilai sangat efektif mengurangi kerumunan. Karena itu, kunci keberhasilan menekan penyebaran Covid-19 adalah untuk tidak berkumpul di tempat umum.

"Kerumunan berkurang, perlahan-lahan jumlah kasus positif baru juga ikut menurun. Namun begitu, semua pihak terutama masyarakat yang masih melakukan aktivitas di luar rumah untuk tetap waspada dan diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Walaupun tidak merah lagi, tetapi masyarakat tidak boleh lengah. Jadi kami masih evaluasi terus. Kami bisa kendalikan ketika warga bisa mengendalikan diri," jelasnya. (rizki mauludi)