Selain Bagikan Password Wifi, Pemcam Cijeruk Juga Kerahkan Mobil Internet Keliling

Selain Bagikan Password Wifi, Pemcam Cijeruk Juga Kerahkan Mobil Internet Keliling
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Cijeruk - Masih tidak diperbolehkannya kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka mulai jenjang TK hingga universitas  karena Kabupaten Bogor masuk ke dalam zona oranye langsung disikapi pemerintah kecamatan (Pemcam) Cijeruk.

Selain membuka paswword wifi di Gedung Kantor Kecamatan Cijeruk dan Masjid Agung Cijeruk, Pemcam Cijeruk juga akan memiliki program mobil internet keliling kampung atau desa.

"Kalau wifi internet yang di Kantor Kecamatan dan Masjid Agung Cijeruk sudah kami gratiskan dengan membagikan passwordnya kepada para siswa, kalau untuk siswa yang rumahnya jauh dari Kantor Kecamatan Cijeruk maka kami mengerahkan mobil Satpol PP yang bekerjasama dengan provider disertai router atau peralatan sinyal internet hingga siswa bisa belajar secara  online atau daring," kata Camat Cijeruk Hadijana kepada wartawan, Kamis (3/9/2020).


Dia menerangkan, mobil internet keliling ini akan keliling di 9 desa yang ada di wilayahnya, pihaknya akan berkordinasi dengan pemerintah desa, kepala sekolah maupun guru.

"Untuk menentukan lokasi tujuan operasional mobil 'internet' keliling ini, kami akan berkordinasi dengan kepala desa, kepala sekolah ataupun guru," terangnya.

Mengenai hotspot wifi gratis di Kantor Kecamatan Cijeruk, maka demi kenyamanan para siswa Hadijana menjelaskan bahwa jajarannya sudah membangun Taman Cijeruk.

"Kalau belajarnya hanya di sisi Gedung Kantor Kecamatan Cijeruk kan bosan, oleh karena itu kami membangun Taman Cijeruk yang disertai bangku-bangku ala kafe tempat para siswa belajar online," jelas Hadijana.

Ditemui terpisah, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan menuturkan selain Kantor Kecamatan dan Masjid Agung, perkantoran Pemkab Bogor di Kecamatan Cibinong juga diperintahkan membagikan pasword wifinya kepada siswa yang rumahnya berdampingan dengan kantor atau masjid agung tersebut.

"Bupati Bogor sudah membuat surat edaran agar password wifi perkantoran itu dibagikan secara gratis kepada para siswa yang rumahnya berdampingan dengan kantor atau masjid agung, kepada perusahaan swasta atau masyarakat mampu pada kesempatan ini kami juga menghimbau agar mereka berbagi hingga permasalahan siswa tidak memiliki kuota itu bisa diatasi dengan memanfaatkan wifi di perkantoran atau gedung lainnya," tutur Iwan. (Reza Zurifwan)