Desa-Desa Ini Cocok Jadi Pusat Perkantoran Pemkab Bogor Barat?

Desa-Desa Ini Cocok Jadi Pusat Perkantoran Pemkab Bogor Barat?
E Jurjani (memakai baju batik warna oranye) tokoh masyarakat Kecamatan Rumpin bersama Bupati Bogor Ade Yasin saat meresmikan Jembatan Garendong, Kamis, (13/8). (reza zurifwan)



INILAH, Rumpin- Tokoh masyarakat asal Kecamatan Rumpin E Jurjani siap menyukseskan tanah kelahirannya menjadi ibu kota Calon Kabupaten Bogor Barat. Bahkan mantan anggota DPRD Kabupaten Bogor ini mengusulkan Desa Suka Mulya dan Suka Sari menjadi pusat pemerintahannya.

"Ada 5 desa yang bisa menjadi pusat pemerintahan seperti Desa Suka Mulya, Desa Suka Sari, Desa Rumpin, Desa Mekarsari dan Desa Taman Sari , namun yang ideal itu Desa Suka Mulya dan Desa Rumpin," kata R Jurjani kepada wartawan, Kamis, (3/9).

Jika Bupati Bogor Ade Yasin menuturkan bahwa alasan pengalihan ibu kota dari Kecamatan Cigudeg ke Kecamatan Rumpin karena sudah banyak investor yang masuk, politisi Partai Golkar ini menambahkan bahwa beberapa investor tersebut bahkan siap membangun fasilitas sosial dan fasilitas umum ibu kota Kabupaten Bogor Barat.


"Investor salah satunya Grup developer perumahan Bumi Serpong Damai (BSD) sudah siap kok membangun fasilitas sosial dan fasilitas umumnya,  dengan begitu mungkin meringankan beban Pemkab Bogor Barat untuk membangun ibu kotanya," tambahnya.

Jurjani menjelaskan bahwa Kecamatan Rumpin sangat cocok menjadi ibu kota karena selain alasan demografi, di sama banyak juga perkantoran institusi negara seperti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Balai Latihan Kerja (BLK) dan lainnya

"Kecamatan Rumpin itu tidak rawan bencana alam longsor dan banjir, lalu dekat dengan DKI Jakarta, Provinsi Banten, Lapangan Udara Atang Sanjaya dan juga Tol BSD. Selain cocok sebagai daerah perkantoran, juga ada potensi pertambagan yang menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD)," jelas Jurjani.

Ia melanjutkan dalam waktu dekat, dirinya bersama Tokoh Kecamatan Rumpin akan sowan dengan Ketua Komite Percepatan Pemekaran Kabupaten Bogor Barat (KPPKBB) Yana Nurheryana.

"Kami akan sowan ke kang Yana dan lainnya dari KPPKBB, agenda pertemuan ialah rencana pembuatan kajian ilmiah Kecamatan Rumpin untuk menjadi ibu kota calon Kabupaten Bogor Barat," lanjutnya.

Dihubungi terpisah, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Bogor Joko Pitoyo juga menyetujui apabila Kecamatan Rumpin menjadi ibu kota calon Kabupaten Bogor Barat.

"Jangan sampai investasi di ibu kota Calon Kabupaten Bogor Barat terkendala akan kerawanan bencana alam, hingga saya melihat Kecamatan Rumpin dengan lahan yang lebih stabil dari Kecamatan Cigudeg menjadi ibu kotanya Calon Kabupaten Bogor Barat, apalagi dari segi insfrastruktur kedekatan Kecamatan Rumpin dengan BSD di Kota Tanggerang Selatan menjadi nilai yang positif. Kalau mengenai banyaknya insfrastruktur jalan di Kecamatan Rumpin yang rusak karena banyaknya truk tambang itu tinggal diperbaiki lalu mengalihkan rute arus lalu lintas  truk tambang," singkat Joko. (Reza Zurifwan)