DPMPTSP Tunggu Kesiapan SDM dan Sarana dari Dinas Teknis

DPMPTSP Tunggu Kesiapan SDM dan Sarana dari Dinas Teknis



INILAH, Cirebon - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Cirebon sedang menunggu sinyal. Hal itu berkaitan dengan kesiapan sumber daya manusia (SDM) dan sarana prasarana dari 12 dinas teknis yang akan bertempat di DPMPTSP.

Hal itu berkaitan dengan jalannya pelayanan perizinan yang dijadikan satu atap di DPMPTSP. Saat ini, sudah ada ruangan khusus bagi 12 pegawai SKPD yang berkaitan dengan perizinan.

"Kami sudah siapkan 12 ruangan untuk dinas teknis. Saat ini tinggal menunggu kesiapan SDM dari masing masing dinas dan sarana prasarananya," kata Kepala DPMPTSP Kabupaten Cirebon Sugeng Darsono, Kamis (3/9/2020).


Sugeng menjelaskan, 12 SKPD yang menjadi mitra teknis atau yang memberi rekomendasi teknis dan akan ditempatkan dengan dinasnya yakni, DPUPR, DPKPP, DLH, Disperdagin, Dishub, Dinas Pertanian, Diskominfo, Disbudparpora, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Damkar, Dinkop dan UMKM, serta Dinkes Kabupaten Cirebon.

"Mudah-mudahan Oktober 2020 sudah bisa dimulai. Karena kita menunggu anggaran perubahan digelar  Dan ini akan menjadi embrio manakala nanti dibangun MPP. Karena 12 SKPD teknis itu nantinya sudah terbiasa memberikan pelayanan," ungkap Sugeng.

Ia mengaku, adanya penempatan 12 staf teknis di kantornya berawal dari usulan dari anggota DPRD Kabupaten Cirebon. Namun sebelum ada usulanpun, proses tersebut dalam proses realisasi. Sebab hal itu juga sejalan dengan komitmen dari Bupati Cirebon yang menginginkan proses perizinan lebih mudah, cepat, efektif dan efisien.

"Ini sudah dalam perencanaan dan insya Allah akan direalisasikan pada anggaran perubahan 2020," kata Sugeng.

Sugeng menambahkan, untuk mewujudkan hal tersebut,  dibutuhkan adanya payung hukum, SDM, dan sarana prasarana penunjang. Untuk payung hukum sudah ditandatangani Bupati. Sementara untuk SDM, disiapkan oleh SKPD terkait sesuai dengan kompetensinya. Sementara sarana prasarana sudah di anggarkan dalam perubahan anggaran tahun 2020. (Maman Suharman)