Buang Jenuh, Skuat Persib Main Softball

Buang Jenuh, Skuat Persib Main Softball
(Istimewa)



INILAH, Bandung - Persib Bandung menggelar sesi latihan berbeda. Tak lagi bermain sepak bola, tim berjulukan Maung Bandung ini bermain softball di Lapangan Softball di Lodaya, Kota Bandung, Selasa (1/9/2020). 

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts mengaku sengaja menyuguhkan permainan softball di program latihannya kali ini. Tujuannya agar para pemainnya tidak jenuh.

"Kami sudah berlatih selama tiga pekan hingga saat ini. Dan penting bagi pemain untuk sedikit mengalihkan pikirannya dari sepak bola," ujar Robert usai bermain softball. 


Pelatih asal Belanda ini merasa softball menjadi alternatif pilihan yang tepat bagi timnya. Diharapkan para pemainnya benar-benar terhindar dari rasa jenuh. 

"Ini latihan alternatif, hanya untuk membuat semuanya kembali jalurnya dalam hal mental dan melihat ke depan satu bulan sebelum kick off," tuturnya.

Menurutnya, timnya tidak diharuskan menjalani olahraga sepak bola meski profesinya sebagai pesepak bola. Terlebih hal itu dilakukan setiap harinya. 

"Kami sudah melalui tiga pekan depan baik dan empat pekan ke depan akan sangat penting. Jadi hari ini kami sedikit rileks dan mencoba jenis lain dalam latihan," jelasnya. 

Pelatih berusia 64 tahun ini memahami softball merupakan olahraga yang baru dimainkan oleh sebagian besar para pemainnya. Itu terlihat dari beberapa pemain yang kurang paham mengenai olahraga asal Amerika Serikat ini. 

"Tapi tidak apa-apa, ini hanya untuk bersenang-senang saja. Ini bukan permainan softball yang serius, ini hanya untuk fun," tegasnya. 

Robert bisa saja menggelar olahraga lain yang biasa dilakukan para pemainnya. Namun, dia merasa olahraga lain tidak bisa menampung banyak pemain secara berkelompok. 

"Apa olahraga lain yang bisa dilakukan kami di Bandung. Hoki es tidak mungkin. Badminton maksimal hanya untuk empat orang, jadi kami harus melakukan olahraga tim (yang diikuti banyak orang). Dan ini memang tersedia fasilitasnya. Pelatih kekuatan dan conditioning kami juga tahu banyak soal softball, pemain juga tahu peraturannya tapi mereka sedikit lupa," bebernya.

Terkait mengenai olahraga voli atau basket, Robert bisa saja melakukannya. "Bisa saja, itu memungkinkan. Tapi kami memilih softball," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)