Positif Covid-19 di Garut Tembus 71 Kasus

Positif Covid-19 di Garut Tembus 71 Kasus
Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut Yeni Yunita/istimewa



INILAH, Garut-Tren konfirmasi kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut masih terus meningkat. Hingga Rabu (19/8/2020), kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut meningkat lagi menjadi sebanyak 71 kasus, menyusul terkonfirmasinya tiga warganya terjangkit Covid-19. 

Ketiganya, yakni seorang laki-laki berusia 31 tahun (KC-69) asal Kecamatan Cigedug, seorang perempuan berusia 49 tahun (KC-70) asal Kecamatan Bayongbong yang berdomisili di Kecamatan Tarogong, dan seorang perempuan berusia 17 tahun (KC-71) asal Kecamatan Bayongong berdomisili di Kecamatan Tarogong Kidul.

Dengan adanya tiga kasus baru positif Covid-19 tersebut jumlah kasus positif Covid-19 di wilayah Kecamatan Tarogong Kidul melejit menjadi sebanyak 11 kasus, dan di wilayah Kecamatan Cigedug menjadi dua kasus. Kecamatan Tarogong Kidul yang menjadi pusat kantor pemerintahan Kabupaten Garut itu pun menjadi kecamatan terbanyak kasus konfirmasi positif Covid-19 di antara 23 kecamatan lain yang terdapat kasus positif Covid-19-nya.


Kendati begitu, terdapat kabar cukup menggembirakan dengan adanya sebanyak tujuh pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh. 

Menurut Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut Yeni Yunita, ketujuh pasien sembuh tersebut yakni seorang laki-laki berusia 47 tahun asal Kecamatan Tarogong Kaler (KC-39), seorang laki-laki berusia 25 tahun asal Kecamatan Tarogong Kidul (KC-44), seorang perempuan berusia 22 tahun asal Kecamatan Sukawening (KC-47), seorang perempuan berusia 35 tahun asal Kecamatan Kersamanah (KC-49), seorang perempuan berusia 25 tahun asal Kecamatan Kersamanah (KC-50), dan seorang laki-laki berusia 32 tahun asal Kecamatan Tarogong Kidul (KC-53).

Juga, seorang perempuan berusia 24 tahun asal Kecamatan Pangatikan (KC-51) dinyatakan sembuh oleh tim dokter di BPSDM Cimahi.

"Sampai saat ini, masih ada sebanyak 21 kasus positif Covid-19 diisolasi perawatan medis di rumah sakit, dan dua kasus lainnya diisolasi mandiri," kata Yeni.

Jumlah pasien positif Covid-19 yang dinyatakan telah sembuh dari total sebanyak 71 kasus positif Covid-19 di Garut itu sendiri kini mencapai sebanyak 45 orang.

Yeni menyebutkan, dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19, Tim Sub Divisi Pencegahan pada hari itu telah melakukan skrining masif terhadap sebanyak 643 orang dengan dilakukan pemeriksaan dan pengambilan sampel swab.

Juga dilakukan tracking dan tracing terhadap enam kontak erat KC-60 di Kecamatan Cisurupan, dua kontak erat KC-58 di Kecamatan Pangatikan, dan sepuluh kontak erat KC-57 dan KC-59 di Kecamatan Tarogong Kaler.(zainulmukhtar)