Pemkab Siapkan Tempat Penampungan Sementara Pedagang Pasar Ciranjang

Pemkab Siapkan Tempat Penampungan Sementara Pedagang Pasar Ciranjang
Antara Foto



INILAH, Cianjur- Pemkab Cianjur, Jawa Barat, menyediakan tempat penampungan sementara untuk 800 orang pedagang Pasar Ciranjang yang terbakar di lokasi yang tidak jauh dari pasar yang terbakar tepatnya di area Pasar Ciranjang baru yang sudah dibangun sejak beberapa tahun terakhir.

Bupati Cianjur, Herman Suherman saat dihubungi Selasa (11/8/2020), mengatakan hasil kesepakatan bersama dengan pedagang yang kiosnya terbakar akan segera dibangun penampungan sementara di lokasi pasar yang baru agar roda perekonomian di wilayah tersebut tetap berjalan.

"Kami sudah perintahkan dinas terkait untuk membangun kios sementara di lokasi pasar baru yang terletak tidak jauh dari pasar yang terbakar. Meskipun sudah dibangun sejak lama, lokasi yang baru perlu dilakukan penataan agar nyaman ketika digunakan," katanya.


Bangunan utama pasar baru tersebut, tutur dia, sebagian besar sudah rampung namun hanya bisa menampung 500 pedagang, sehingga untuk kios darurat akan ditambah dibagian samping agar seluruh pedagang yang kiosnya terbakar di pasar lama dapat tertampung.

Ia berharap pembangunan kios sementara itu, dapat berdiri dalam waktu dekat, sehingga pedagang yang menjadi korban kebakaran dapat kembali mencari nafkah. Termasuk pemodalan bagi pedagang yang barangnya ludes terbakar, pihaknya masih membahas untuk diberikan bantuan.

"Untuk mereka yang kiosnya ludes terbakar dan tidak menyisakan apapun, ada rencana diberikan bantuan modal, namun hal tersebut masih dibahas bersama dinas terkait. Kapan kios sementara dapat digunakan mungkin secepatnya," kata Herman.

Sebelumnya 800 kios di Pasar Ciranjang ludes terbakar, api diduga berasal dari kios di bagian belakang pasar karena arus pendek lisktrik. Enam unit mobil pemadam kebakaran diturunkan untuk memadamkan api dibantu dua unit water canon milik Mapolres Cianjur.

Api sempat berkecamuk selama lima jam dan berhasil dipadamkan menjelang malam, tercatat hingga api berhasil dipadamkkan 800 kios di pasar tersebut ludes terbakar dan sebagian besar pedagang tidak berhasil mengeluarkan barang dagangannya dari dalam kios karena api dengan cepat menjalar dan membesar.