BRI Bantu Konservasi Sungai Babakan Irigasi Pagarsih

BRI Bantu Konservasi Sungai Babakan Irigasi Pagarsih
Program konservasi sungai di wilayah RW 04 Kelurahan Cibadak, Kecamatan Astana Anyar. (yogo triastopo)



INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memperoleh bantuan dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) untuk program konservasi sungai di wilayah RW 04 Kelurahan Cibadak, Kecamatan Astana Anyar. Bantuan tersebut berupa dana sebesar Rp500 juta.

Secara simbolis, bantuan tersebut diterima Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana dari Wakil Pemimpin Wilayah BRI Bandung R Tita Sriyati di kawasan Sungai Babakan Irigasi RW 04 pada Senin (10/8/2020).

"Ini bisa menjadi satu percontohan bantuan dari pihak swasta terhadap berbagai pembangunan di Kota Bandung. Saya sangat berterima kasih," kata Yana.


Dia mengungkapkan, banyak anak sungai yang melintasi Kota Bandung. Beberapa di antaranya memang harus direvitalisasi. "Kalau bisa, semua direvitalisasi bersih seperti ini. Ini bisa menjadi hal yang luar biasa. Karena bagaimanapun air itu sumber peradaban manusia," ucapnya.

Karenanya, Yana mengimbau kepada masyarakat untuk memelihara sungai dengan baik. Hal itu agar bisa dimanfaatkan masyarakat, bahkan menjadi tempat wisata.

"Kalau memang difungsikan dengan baik sama warga, air yang melintasi itu bisa menjadi tempat wisata. Tolong warga memeliharanya dengan baik. Jangan buang sampah sembarangan, termasuk juga pemanfaatan area di bantaran sungainya. Manfaatkan juga tanaman produktifnya supaya ada ketahanan pangan," ujar dia.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Wilayah BRI Bandung, R Tita Sriyati mengungkapkan, bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian BRI terhadap lingkungan. "Program ini dilakukan seluruh Indonesia. Mudah-mudahan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat juga mencintai lingkungan sekitar," kata Tita.

Dia berharap, dengan konservasi, masyarakat bisa manfaatkan sungai untuk berbagai kegiatan termasuk ketahanan pangan. (yogo triastopo)