Catat, Tanggal Ini Fan Liverpool Boleh Nonton ke Stadion

Catat, Tanggal Ini Fan Liverpool Boleh Nonton ke Stadion



INILAH, London - Publik sepak bola Inggris, tak lama lagi, bakal bisa kembali datang ke stadion. Laga Community Shield, 29 Agustus mendatang, akan menjadi pertandingan pertama yang bisa disaksikan penonton.

Partai amal ini dijadwalkan berlangsung pada Sabtu terakhir di bulan Agustus di Stadion Wembley. Juara Liga Primer, Liverpool, bakal berhadapan dengan juara Piala FA. Siapa pemenang Piala FA baru akan dipastikan akhir pekan ini, pada pertandingan final antara Arsenal melawan Chelsea.

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) sudah mulai melakukan pembicaraan dengan pemerintah untuk mengizinkan penonton menyaksikan pertandingan itu. Jika terjadi, inilah pertama kali penonton boleh datang ke stadion sejak pertengahan Maret lalu.


FA menginginkan Departemen Kebudayaan, Media, dan Olahraga, memberikan lampu hijau agar pertandingan itu bisa jadi tes untuk boleh kembalinya penonton ke stadion. Harapan itu akan dibahas dalam pekan ini, dengan ketentuan mengizinkan 15-20 ribu penonton boleh masuk stadion dan tetap menjaga jarak sosial.

Jika terwujud, maka itulah pertama kalinya bagi fan Liverpool kesempatan merayakan gelar juara mereka bersama pemain.

Tak hanya itu. Klub-klub di seantero Inggris akan menyaksikan dan berharap semuanya bisa berjalan lancar agar mereka bisa menjual tiket untuk pertandingan musim depan.

Pemerintah sendiri menunjukkan tanda-tanda, mereka akan membuka kembali pertandingan olahraga untuk para penonton mulai awal Oktober. Itupun hanya akan terjadi jika mereka puasdengan sejumlah uji coba yang dilakukan di berbagai gelanggang olahraga.

Kriket, balapan, dan snooker adalah cabang yang pertama menginginkan. Tapi, sepak bola akan menjadi kunci bagi pemerintah untuk memutuskan. FA percaya, mereka akan datang dengan proposal yang tepat untuk meyakinkan bahwa pertandingan Community Shield layak dijadikan pilihan.

"Skema percontohan itu sangat penting sehingga kami bisa memasang target pada 1 Oktober pertandingan olahraga akan dibuka dan penonton bisa kembali ke stadion, seperti yang diinginkan semua orang. Kami tak sabar menunggu tes tersebut. Minggu-minggu berjalan, tapi sejauh ini hasilnya bagus," ujar Menteri Olahraga Nigel Huddlestone.