Daud Achmad: Normal Baru Itu Bergantung Kesadaran Masyarakat

Daud Achmad: Normal Baru Itu Bergantung Kesadaran Masyarakat
Sekretaris sekaligus Jubir Gugus Tugas Covid-19 Jawa Barat, Daud Achmad. (antara)



INILAH, Cirebon - Sekretaris sekaligus Jubir Gugus Tugas Covid-19 Jawa Barat, Daud Achmad mengatakan, cepat lambatnya normal baru bagaimana kesadaran masyarakat itu sendiri. Artinya, perlu komitmen bersama dan kesadaran seluruh masyarakat untuk bisa melakukan pola hidup bersih.

"Normal baru ini kan barang baru. Tentunya perlu komitmen bersama, perlu kesadaran seluruh masyarakat untuk bisa masing-masing melakukan pola hidup bersih. Rajin cuci tangan, sering pakai masker serta jaga jarak," kata Daud usai melakukan koordinasi Bantuan Gubernur dengan Bupati Cirebon, Rabu (27/5/2020).

Daud menerangkan, dilihat dari data provinsi, Kabupaten Cirebon sudah cukup bagus dalam penanganan Covid-19. Masuknya Kabupaten Cirebon  ke level 3 atau zona kuning membuktikan bahwa ada kesadaran masyarakat yang cukup baik dalam menjalankan protokol kesehatan Covid-19.


"Masuk zona kuning itu termasuk bagus sehingga perekonomian bisa berjalan 60 persen. Mudah-mudahan Kabupaten Cirebon segera masuk zona hijau," jelas Daud.

Sementara untuk aktivitas sekolah sampai tingkat perguruan tinggi, pihaknya masih melakukan kajian. Pemprov Jabar terus memantau perkembangan di setiap kabupaten/kota dan menunggu instruksi pusat. Hal itu karena penanganan Covid-19 harus benar-benar serius karena berimbas pada seluruh sendi kehidupan.

"Makanya kami turun langsung ke Wilayah III Cirebon untuk mengecek semua persoalan. Bansos dari gubernur kemarin juga ada sedikit persoalan. Ada persoalan masalah distribusi telur, tapi sekarang sudah selesai. Intinya untuk bansos dari gubernur sudah tidak ada masalah," tukasnya. (maman suharman)