Cirebon Targetkan 2 Juta Wisatawan

Cirebon Targetkan 2 Juta Wisatawan



INILAH, Bandung,- Pemerintah Kota Cirebon menargetkan 2 juta wisatawan bisa datang ke Kota Udang pada tahun 2019 ini. Sebagai upaya mendorong realisasinya, Kota Cirebon pun siap menggelar serangkaian kegiatan seni dan budaya.

"Kami menargetkan tahun ini dua juta wisatawan bisa ke Cirebon," kata Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis di Cirebon.

Azis mengatakan, target tersebut meningkat 500 ribu, dimana pada tahun 2018 jumlah wisatawan yang datang ke Kota Cirebon tercatat mencapai 1,5 juta.

Target tersebut lanjut Azis, akan diimbangi dengan adanya penataan destinasi wisata, baik itu berupa wisata sejarah, budaya maupun kuliner.

Untuk itu, Kota Cirebon saat ini sedang berbenah, terutama masalah kebersihan, hijau dan tertib. Karena tiga masalah tersebut harus segera mungkin dibenahi. "Agar wisatawan datang ke Cirebon semakin banyak dan meningkat," ujarnya.

Azis mengatakan untuk itu Cirebon akan dijadikan sebagai kota pariwisata, mengingat hanya itu yang bisa dikembangkan.

"Kota Cirebon tidak dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor lain kecuali bidang jasa. Karenanya Kota Cirebon akan dijadikan kota pariwisata," tuturnya.

Saat ini kata Azis, melalui Dinas Lingkungan Hidup, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah mengelola sampah yang berada disejumlah ruas jalan utama.

Tidak hanya masalah sampah yang menjadi sorotan, Azis juga berharap taman harus dirawat, tujuannya tidak lain agar taman  yang ada di Kota Cirebon bisa terpelihara dengan baik dan indah dipandang mata.

"Mulai dari ruas jalan protokol hingga jalan menuju lingkungan semua harus bebas sampah, agar wisatawan bisa menikmati suasana Kota Cirebon," katanya seperti dikutip Antara. (*)