Maaf, Seluruh Wisata di Purwakarta Ditutup Semantara

Maaf, Seluruh Wisata di Purwakarta Ditutup Semantara



INILAH, Purwakarta – Bidang Pariwisata pada Disporaparbud Kabupaten Purwakarta saat ini gencar melakukan sosialisasi soal informasi dan antisipasi ke masyarakat terkait wabah virus Covid-19. Dalam informasi yang bungkus surat edaran itu, seluruh pengelola tempat wisata, termasuk tempat hiburan malam (THM) diminta untuk tutup sementara dari operasionalnya selama masa tanggap corona.

“Kami, dari jajaran bidang pariwisata juga turut andil upaya pencegahan mengenai penyebaran wabah virus corona,” ujar Kabid Pariwisata, Disporaparbu Purwakarta, Irfan Suryana kepada INILAH, Selasa (31/3/2020).

Irfan menjelaskan, sejak pertengahan bulan kemarin pihaknya telah mengintensifkan sosialisasi edaran tersebut. Pihaknya cukup mengapresiasi, karena para pengelola wisata cukup responsive untuk menjalankan edaran dari pemerintah ini. Bahkan, banyak di antaranya yang juga melaksanakan penyemprotan disinfektan di lingkungan mereka.

Irfan menuturkan, selama ini di wilayahnya terdapat 62 destinasi wisata. Dari jumlah tersebut, 30 di antaranya merupakan lokasi wisata alam/buatan milik swasta. Selebihnya, adalah wisata religi dan kuliner. Hasil inventariasi jajarannya, dari 30 destinasi wisata alam ini hampir 80 persen di antaranya sudah berhenti beroperasi untuk sementara waktu.

“Selain wisata alam, wisata kuliner dan religi pun sebagian sudah dikonfirmasi tutup selama tanggap covid-19,” jelas dia.

Menurut Irfan, hal ini dilakukan sebagai bagian dari antisipasi pemerintah untuk meminimalisasi penyebaran virus corona. Pihaknya berharap, seluruh pengelola wisata bisa menjalankan edaran tersebut demi kebaikan bersama. (asep mulyana)