KJRI Perth Minta WNI Pastikan Keabsahan Jaminan Kesehaan

KJRI Perth Minta WNI Pastikan Keabsahan Jaminan Kesehaan
Ilustrasi/ANTARA FOTO



INILAH, Jakarta- Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Perth, Australia, meminta warga negara Indonesia yang berada di wilayah itu untuk memastikan keabsahan serta cakupan jaminan kesehatan masing-masing dalam imbauan terkait penyebaran COVID-19.

Dalam pernyataan tertulis KJRI Perth yang diterima di Jakarta, Minggu, terdapat kecenderungan peningkatan penyebaran virus corona secara signifikan di beberapa wilayah Australia.

Untuk Australia Barat khususnya, jumlah kasus positif pengidap COVID-19 mencapai 90 orang per tanggal 21 Maret.


Oleh karena itu, KJRI Perth mengeluarkan sejumlah imbauan bagi WNI yang berlokasi di Kawasan Australia Barat, salah satunya dengan memastikan kembali validitas cakupan jaminan kesehatan masing-masing demi memastikan kelancaran penanganan medis apabila diperlukan.
 

Selain itu, WNI juga diminta untuk tetap waspada dan dengan serius melaksanakan petunjuk otoritas kesehatan pemerintah setempat, termasuk pembatasan kegiatan publik dengan maksimum 500 orang untuk acara di luar ruangan dan 100 orang untuk di dalam ruangan , dengan ketentuan satu orang per empat meter persegi.

Kendati ada anjuran terkait jumlah seperti itu, KJRI mengimbau seluruh WNI di Australia Barat untuk membatasi, dan bila perlu membatalkan, kegiatan-kegiatan di lokasi publik maupun lokasi pribadi, dan tidak keluar rumah kecuali  dalam keadaan mendesak dan penting.

Prosedur sanitasi juga menjadi salah satu hal yang digarisbawahi untuk diterapkan dengan serius.

“Makanan dan vitamin agar diperhatikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, serta rutin meminum air putih hangat,” demikian pernyataan KJRI Perth.

Apabila mengalami gangguan kesehatan, WNI diminta untuk segera menghubungi otoritas kesehatan setempat.

Pemerintah Australia Barat telah membuka empat fasilitas kesehatan rujukan untuk penanganan COVID-19 di tingkat negara bagian, termasuk Rumah Sakit Sir Charles Gairdner, Rumah Sakit Royal Perth, Rumah Sakit Fiona Stanley, dan Kampus Kesehatan Bunbury.

Berikut sejumlah nomor yang dapat dihubungi untuk pelaporan kejadian terkait kesehatan publik:

Helpline virus corona nasional: 1800 020 080 (24 jam)

Notifikasi Kontrol Penyakit Menular Departemen Kesehatan Australia Barat: (08) 9222 0255 (pada jam kerja), (08) 9328 0553 (setelah jam kerja).

Hotline KJRI Perth: +61 499 772 978