Delapan WNI Dipastikan Positif Virus Corona di India

Delapan WNI Dipastikan Positif Virus Corona di India
Konferensi pers mengenai perkembangan penanganan COVID-19 oleh Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (19/03/2020). (Kemlu RI)



INILAH, Jakarta- Delapan warga negara Indonesia (WNI) dipastikan positif terinfeksi virus corona atau COVID-19, setelah menjalani pemeriksaan di sebuah rumah sakit di Hyderabad, negara bagian Telangana, India, sejak Minggu (15/3).

Kedelapan WNI beserta dua WNI lain yang hingga kini masih menunggu hasil tes, merupakan peserta majelis tablig yang tiba di Telangana pada Sabtu (14/3) dari New Delhi.

“Memang masih menunggu hasil tes, yang delapan WNI sudah positif. Mudah-mudahan yang dua lainnya tidak menjadi positif,” ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah saat menyampaikan taklimat media melalui konferensi video, Kamis.

Kedelapan WNI yang telah dinyatakan positif terjangkit virus corona kondisinya normal dan masih dirawat di rumah sakit di Hyderabad.

Sementara itu, hasil tes dua WNI lainnya dijadwalkan keluar hari ini.

Menurut Faizasyah, penanganan dan perawatan para WNI tersebut akan ditanggung oleh pemerintah India.

KBRI New Delhi juga terus berkoordinasi dengan otoritas India dan negara bagian Telangana untuk memantau kondisi kesehatan para WNI.

Hingga Kamis, tercatat 48 WNI terkonfirmasi COVID-19 di luar negeri. Dari jumlah tersebut, 10 orang telah dinyatakan sembuh dan keluar dari rumah sakit yakni satu orang di Singapura dan sembilan orang di Jepang.

Sementara itu, sebanyak 38 WNI yang terinfeksi virus tersebut masih dirawat di rumah sakit yakni satu orang di Taiwan, satu orang di Australia, satu orang di Arab Saudi, satu orang di Makau, delapan orang di India, 13 orang di Singapura, dan 13 orang di Malasia.