Kota Bandung Diminta Berinovasi Atasi Kemacetan

Kota Bandung Diminta Berinovasi Atasi Kemacetan
Ilustrasi (istimewa)



INILAH, Bandung - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung dan pengusaha parkir diminta Wali Kota Bandung Oded M Danial agar mau berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumennya.

"Kita menata bersama mengenai parkir di Kota Bandung, agar bisa semakin tertata rapih dan nyaman," kata Oded pada Kamis (12/3/2020).

Menurut dia, parkir merupakan salah satu strategi Pemkot Bandung mengatasi masalah kemacetan. Namun, hal tersebut menjadi lebih mudah jika dilakukannya secara bersamaan dengan kolaborasi antar stakeholder dan pihak terkait.


"Konsep gagasan dari Dishub (Dinas Perhubungan) saya kira harus didukung semua. Semua untuk pelayanan kepada masyarakat. Karena pengelolaan parkir yang baik, akan berdampak positif," ucapnya.

Kepala Dishub Kota Bandung Ricky Gustiadi mengatakan, pihaknya terus berusaha memperbaiki layanan perparkiran. Salah satu strateginya, penerapan Digital Dynamic Signage (DDS) di depan pintu masuk "off street".

Lainnya dituturkan dia adalah, lampu indikator slot parkir yang mengandalkan teknologi sensor yang diletakkan di atas slot parkir. Lalu, ada Virtual Massage Sign (VMS) yakni informasi terkini terkait titik lokasi parkir di pusat perbelanjaan.

"Ini beberapa strategi kami untuk memberikan kenyamanan tentang parkir," kata Ricky. (yogo triastopo)