Polres dan Dishub Jabar Mulai Intensifkan Operasi ODOL

Polres dan Dishub Jabar Mulai Intensifkan Operasi ODOL
Foto: Asep Mulyana



INILAH, Purwakarta – Petugas gabungan dari kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat mulai mengintensifkan operasi over dimention over loading (ODOL) di sejumlah jalur. Selama ini kendaraan truk yang melebihi muatan (Overload) disinyalir jadi penyumbang kecelakaan.

Kasatlantas Polres Purwakarta, AKP Zanuar Cahyo Wibowo menuturkan, pemeriksaan kelayakan angkutan barang ini dalam rangka pencegahan kecelakaan yang sering terjadi di jalan raya. Karena, selama ini banyak pelanggaran disinyalir jadi salah satu penyumbang kecelakaan.

“Dalam operasi ODOL ini, kami melibatkan jajaran dishub dan PJR Tol Cikampek. Untuk kegiatan pagi tadi, digelar di sekitar gerbang tol Cikampek,” ujar Zanuar kepada wartawan, Selasa (1/3/2020).


Zanuar menjelaskan, dalam operasi tadi pagi, ada sedikitnya 71 unit kendaraan yang terjaring. Namun dari jumlah kendaraan itu, tindakanya berbeda-beda. Yakni, sebanyak 15 kendaraan diberikan teguran, 49 ditilang, serta 19 angkutan barang yang over load ditindak.

“Dalam operasi ini, kami cek kelengkapan administrasi pengemudi dan kendaraan serta penimbangan berat juga beban kendaraan angkutan barang,” jelas dia.

Dalam hal ini, dia menambahkan, pihaknya berpesan kepada seluruh pengemudi yang membawa kendaraan angkutan barang untuk mengutamakan keselamatan di jalan. Dia juga mengimbau supaya sebelum beroperasi, mereka memeriksa kendaraannya. (Asep Mulyana)