Purwakarta Dorong Masyarakat Gali Potensi Ekonomi Sektor Pariwisata

Purwakarta Dorong Masyarakat Gali Potensi Ekonomi Sektor Pariwisata



INILAH, Purwakarta – Kabupaten Purwakarta mungkin cukup layak dijadikan tujuan wisata keluarga. Banyak alasan, kenapa kabupaten kecil kedua di Jabar itu patut dikunjungi. Ada sedikitnya 62 destinasi wisata di wilayah ini yang tersebar hampir di seluruh kecamatan yang ada.

Kepala Bidang Pariwisata, Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Irfan Suryana membenarkan hal itu. Namun, menurutnya, dalam hal pengembangan sektor wisata ini tak hanya sampai di sana. Karena potensi pariwisata di wilayahnya masih cukup melimpah.

“Kami akan terus berupaya melakukan inovasi, supaya sektor pariwisata ini terus berkembang,” ujar Irfan kepada INILAH, Selasa (10/3/2020).

Irfan menambahkan, saat ini timnya terus menyisir seluruh tempat yang dianggap potensial untuk dikembangkan jadi objek wisata. Menurutnya, hampir seluruh desa di wilayahnya memiliki potensi pariwisata yang bisa dikembangkan, baik wisata alam maupun wisata buatan.

Menurut dia, potensi-potensi wisata ini harus dikelola dengan maksimal, baik oleh pemerintah ataupun masyarakat sekitar. Dia berpendapat, dari situlah dapat memajukan perekonomian masyarakat.

Selain menyisir wilayah potensial, sambung irfan, sejauh ini jajarannya juga selalu mendorong dan mengajak supaya masyarakat bisa menggali potensi di sektor pariwisata guna peningkatan ekonomi mereka.

Karena, dirinya berpendapat, selama ini masyarakat dinilai masih kurang peka untuk menangkap peluang untuk peningkatan ekonomi di sektor pariwisata. Untuk itu, pihaknya akan terus mendorong supaya masyarakat sadar potensi wisata.

Maksud sadar wisata, kata dia, tak lain mengajak masyarakat untuk turut andil dalam pengembangan pariwisata di wilayahnya. Misalnya, jika di sekitar desa mereka ada destinasi wisata yang jumlah kunjungannya cukup tinggi, masyarakat di wilayah tersebut diharapkan bisa menjadi bagian yang terlibat dalam pariwisata itu sendiri.

“Ya, misalnya bisa jadi guide atau penunjuk arah bagi pengunjung. Atau bisa dengan berdagang kecil-kecilan dengan tidak menetapkan harga terlalu mahal. Intinya, bagaimana menjadi bagian dari wisata itu sendiri, supaya pengunjung betah dan mau datang lagi ke lokasi itu,” jelas dia.

Menurut dia, jika masyarakat turut sadar wisata dipastikan bakal berimplikasi dan tentunya secara otomatis bisa mendorong perekonomian masyarakat di wilayah itu sendiri. Untuk itu, pihaknya akan turut membantu mendorong masyarakat supaya bisa mengembangkan seluruh potensi agro bisnis di sektor wisata yang ada di wilayah mereka.

“Salah satu yang sudah kami lakukan, yakni dengan melakukan pembinaan langsung ke masyarakat. Kami terus berkeliling, terutama di wilayah yang terdapat potensi pariwisatanya,” tambah dia.

Selain itu, dia menambahkan, tujuan lain dari kegiatan ini tak lain supaya masyarakat juga turut membantu pemerintah mempertahankan kemasyuran pariwisata di Purwakarta. Pihaknya juga berharap, potensi-potensi ekonomi di sektor wisata ini bisa dikelola dengan baik oleh masyarakat. Karena dari situlah dapat memajukan perekonomian mereka. (asep mulyana)