Chickenisasi Gelombang Dua, Kota Bandung Siapkan 10 Ribu DOC

Chickenisasi Gelombang Dua, Kota Bandung Siapkan 10 Ribu DOC
Pemerintah Kota Bandung dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Bandung menggelar “Chicken Fair AKI Bagi” di Alun-alun Ujungberung, Kota Bandung, Senin (9/3/2020). (istimewa)



INILAH, Bandung - Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar menyatakan kesiapan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terkait program Chickenisasi jilid dua.

Dispangtan Kota Bandung, dituturkan dia, telah menyiapkan sebanyak 10.000 day old chicken (DOC) untuk dibagikan ke puluhan sekolah yang mengklaim siap menyukseskan program tersebut.

"Anak ayam, kita siapkan 10 ribu ekor untuk 2020 ini. Sekarang sedang menunggu perkembangan ayam," kata Gin Gin di Alun-alun Ujungberung, Kota Bandung, pada Senin (9/3/2020).


Ribuan anak ayam tersebut, dituturkan di akan terbagi rata. Program ini tak lagi hanya terfokus di kawasan Bandung Timur. Akan tetapi, bakal tersebar di seluruh pelosok mata angin.

"Paling tidak ada keterwakilan mulai timur, barat, utara dan selatan. Hari ini ada 56 kepala sekolah yang menyatakan sangat siap melaksanakan program ini. Mereka hanya tunggu support dari kita," ujar dia.

Secara umum, program Chickenisasi dinilai sukses. Hanya saja, program ini masih membutuhkan sejumlah perbaikan untuk mencapai kata sempurna. Satu di antaranya adalah persoalan pakan.

"Evaluasi ke depan adalah soal keluhan kesiapan kandang. Nah kita akan menyiapkan ini dalam satu dua pekan ke depan. Ke dua adalah soal pakan, dan ini kita coba menggunakan pakan alternatif," ujar dia. (yogo triastopo)