Uniknya 150 Motif Batik Khas Purwakarta

Uniknya 150 Motif Batik Khas Purwakarta
Ilustrasi/Net



INILAH, Purwakarta - Pemkab Purwakarta, akhir pekan kemarin melaunching produk batik khas wilayah ini. Ada kurang lebih 100 motif batik yang telah dibuat. Untuk motifnya sendiri, desainnya lebih menggambarkan ikon-ikon wilayah tersebut.

Kepala Bidang UMKM, Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta, Ahmad Nizar menuturkan, saat ini sudah ada penambahan motif baru batik khas wilayahnya. Sehingga, saat ini jumlahnya mencapai 150 motif.

"Bulan ini ada penambahan 50 motif baru. Jadi, jumlahnya saat ini, ada 150 motif batik khas Purwakarta," ujar Ahmad kepada wartawan, Senin (9/3/2020).


Ahmad menjelaskan, motif batik yang dibuat ini memiliki ide dasar dan filosofi tentang daerahnya. Menurutnya, yang melatarbelakangi terciptanya motif batik ini tidak sembarangan begitu saja.

"Untuk desain batik ini, kami melibatkan tim ahli dari akademisi. Setelah jadi, kemudian dirilis sebagai batik khas Purwakarta," jelas dia.

Ahmad menuturkan, tahun ini pemkab berencana membangun tempat untuk produksi batik khas ini. Jadi, selain memiliki motif khas, kedepan Purwakarta juga akan menyiapkan rumah produksinya.

"Target kami, kedepan Purwakarta bisa menjadi sentra batik Indonesia, khususnya di Jawa Barat," jelas dia.

Untuk itu, sambung dia, motif batik khas ini harus terus dikembangkan. Karena, menurut dia, jika tidak terus digaungkan, keberadaannya akan terancam sirna. (Asep Mulyana)