Robert Alberts Semringah, Bobotoh Bisa Hadir di Kandang Arema FC

Robert Alberts Semringah, Bobotoh Bisa Hadir di Kandang Arema FC
dok/inilahkoran



INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts sambut baik keputusan kepolisian Malang yang telah memberikan izin kepada Bobotoh untuk menyaksikan langsung pertandingan timnya saat melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (8/3/2020).

Menurutnya hal itu sangat positif terutama bagi timnya. Robert memastikan kehadiran Bobotoh akan meningkatkan motivasi para pemainnya dalam meraih kemenangan.

"Tentunya, karena saya tahu ada Bobotoh yang ingin menyaksikan timnya jadi itu hal yang positif. Jika mereka bisa masuk ke stadion dengan normal," kata Robert di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (5/3/2020).

Kondisi ini, lanjutnya harus bisa terus dilakukan di setiap musimnya. Tidak hanya untuk Bobotoh atau suporter Arema, tapi juga harus dilakukan seluruh suporter lainnya.

"Setiap stadion bisa dihuni suporter baik itu tim home dan away di semua negara, jadi di Indonesia juga seharusnya bisa," tuturnya. 

Seperti diketahui, kepolisian Malang sudah memberikan lampu hijau kepada Bobotoh untuk mendukung langsung tim kesayangannya saat berhadapan dengan Arema FC.

Melalui Kapolres Malang AKBP Hendri Umar mengatakan alasan memperbolehkan Bobotoh hadir karena sesuai aturan Liga 1, bahwa suporter tamu diizinkan untuk hadir.

"Kami bukan hendak memberi opsi. Persoalannya, aturan Liga 1 memang seperti itu. Kalau dari Bobotoh ingin hadir atau tidak, itu terserah mereka. Yang jelas, kami sudah mempersiapkan jika ada Bobotoh akan datang. Kami akan layani dan fasilitasi dengan baik sesuai prosedur keamanan," ujar Hendri. 

Hendri menambahkan sesuai aturan Liga 1, suporter lawan berhak mendapatkan kuota 5 persen dari kapasitas stadion.

"Kalau misalnya stadion di Kanjuruhan memiliki kapasitas 30 ribu, berarti ya sekitar 1.500 hingga 2.000 orang dari suporter Persib diperbolehkan datang," kata Hendri

Terkait penempatan suporter Persib Bandung, Hendri berencana akan menempatkan Bobotoh di tribune khusus di Stadion Kanjuruhan. Bahkan dengan pengamanan khusus.

"Untuk diangkut menggunakan apa, saya masih belum tahu. Itu nanti dari Bobotoh dan panitia pelaksana. Sejauh ini belum ada informasi bila Bobotoh hendak berangkat ke Malang," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)