Dinkes Imbau Warga Bandung Tidak Panik

Dinkes Imbau Warga Bandung Tidak Panik
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rosye Arisdiani / foto: INILAH/Yogo Triastopo



INILAH, Bandung - Warga masyarakat Kota Bandung diminta untuk tidak panik, dan tetap tenang setelah dua Warga Negara Indonesia (WNI) positif terjangkit virus corona baru-baru ini. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rosye Arisdiani mengatakan, pemerintah kota sudah melakukan langkah antisipasi. 

"Mau datang ke puskesmas atau rumah sakit tidak masalah. Puskesmas di kita pun sudah siap untuk menerima jika ada kasus, dan tentu sesuai dengan kapasitasnya," kata Rosye di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Selasa (3/3/2020). 

Menurut dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah menunjukkan dua rumah sakit besar sebagai rujukan. Rumah sakit tersebut adalah Rumah Sakit Hasan Sadikin dan RS Paru Rotinsulu. 

"Hal penting adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh dengan melakukan Germas dan PHBS cuci tangan selama 20 detik dengan sabun. Lalu jangan lupa etika batuk. Tetapi sekali lagi, jangan panik dan waspada harus," ucapnya. 

Pemkot Bandung,, ditambahkan dia akan segera melakukan rapat koordinasi terkait upaya penanganan dan pencegahan virus corona. Rapat itu rencananya digelar Selasa (3/3/2020). 

"Hari ini kita akan melakukan rapat koordinasi dengan pak Sekda sesuai arahan pak wali kota," ujar dia. (yogo triastopo)