Sampai Saat Ini, Purwakarta Zero Corona

Sampai Saat Ini, Purwakarta Zero Corona



INILAH, Purwakarta – Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta, Deni Darmawan menegaskan, sampai saat ini pihaknya masih belum menerima laporan adanya warga yang terjangkit virus corona tersebut. 

“Sampai saat ini, Purwakarta masih zero corona,” ujar Deni di Purwakarta, Selasa (3/3/2020).

Deni menjelaskan, saat ini pihaknya telah membentuk layanan quick respond, lengkap dengan petugas yang standby 24 jam. Sebenarnya tim gerak cepat (TGC) yang dibentuknya ini, bukan karena saat ini virus corona telah mewabah.


"Tim ini, kami bentuk sebagai bagian dari antisipasi dan layanan cepat untuk masyarakat. Bukan hanya terkait corona, tapi termasuk antisipasi DBD dan bencana alam," jelas dia.

Adapun langkah lain yang dilakukannya, yakni mengintensifkan kordinasi dengan beberapa pihak lain. Di antaranya, Imigrasi, kepolisian, disnaker setempat untuk melakukan pengawasan ekstra, baik kepada WNA ataupun TKA yang ada di wilayah ini. 

Sebelumnya, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika meminta masyarakat tidak terlalu panik terkait hal itu. “Kami imbau masyarakat tidak panik,” ujar Anne di Purwakarta.

Dalam hal ini, pihaknya pun mengajak masyarakat supaya lebih antisipasi. Salah satu caranya, dengan meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan dan meningkatkan pola hidup bersih dan sehat.

Kemudian, saran Anne, hindari kontak langsung dengan pasien-pasien yang terindikasi. Misalnya, yang mengalami demam tinggi, sesak napas berat.

"Hindari juga kontak langsung dengan warga yang memiliki riwayat bepergian atau pulang dari luar negeri yang negaranya terindikasi infeksi corona," jelas dia.

Anne juga berpesan, kepada masyarakat yang mengalami gejala batuk dan sesak nafas berat, untuk menjaga etika saat batuk atau bersin. Yakni, dengan menutupnya memakai sapu tangan. Selain itu, warga dengan kondisi tersebut harus menggunakan masker. (asep mulyana)