Jabar Siaga 1 Corona, Ini Imbauan Ambu Anne

Jabar Siaga 1 Corona, Ini Imbauan Ambu Anne



INILAH, Purwakarta - Penyebaran virus corona, sampai saat ini menjadi perhatian serius sejumlah negara, tak terkecuali Indonesia. Bahkan, Pemprov Jabar pun telah menetapkan wilayah tersebut siaga satu penularan virus Covid-19.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika pun mengantisipasi hal tersebut. Hingga kini pihaknya memastikan belum ada laporan warga di wilayahnya yang terjangkit atau positif terpapar virus corona. Dia pun meminta masyarakat tidak terlalu panik terkait hal itu.

“Kami imbau masyarakat tidak panik,” ujar Anne kepada INILAH, Selasa (3/3/2020).


Dalam hal ini, pihaknya pun mengajak masyarakat supaya lebih antisipasi. Salah satu caranya, dengan meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan dan meningkatkan pola hidup bersih dan sehat.

Kemudian, saran Anne, hindari kontak langsung dengan pasien-pasien yang terindikasi. Misalnya, yang mengalami demam tinggi, sesak napas berat.

"Hindari juga kontak langsung dengan warga yang memiliki riwayat bepergian atau pulang dari luar negeri yang negaranya terindikasi infeksi corona," jelas dia.

Anne juga berpesan, kepada masyarakat yang mengalami gejala batuk dan sesak nafas berat, untuk menjaga etika saat batuk atau bersin. Yakni, dengan menutupnya memakai sapu tangan. Selain itu, warga dengan kondisi tersebut harus menggunakan masker.

"Untuk saat ini, hindari bepergian ke negara-negara yang terindikasi corona. Kemudian, gunakan masker saat di tempat keramaian yang rentan penyebaran virus. Yang tak kalah penting, jaga kesehatan tubuh dengan makanan bergizi seimbang, olahraga dan tidur yang cukup," saran dia.

Anne pun memgimbau, supaya masyarakat segera memeriksakan ke dokter atau ke rumah sakit jika ada kerabat atau keluarga mereka yang memiliki gejala seperti yang disebutkan di atas. (asep mulyana)