Tangkal Corona, Pemkot Bandung Bentuk Tim Khusus

Tangkal Corona, Pemkot Bandung Bentuk Tim Khusus
Wali Kota Bandung Oded M Danial/foto: INILAH/Yogo Triastopo



INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan akan membentuk tim khusus dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus corona atau Covid-19 di Kota Bandung. 

Hal itu dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyusul adanya dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang bermukim di wilayah Depok, Jawa Barat positif terkena virus corona. 

"Saya sudah meminta agar membuat tim untuk mengatasi penyebaran virus corona ini. Setelah tim ini terbentuk, kita akan koordinasi untuk menentukan langkah ke depan," kata Oded di Pendopo, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Senin (2/3/2020). 


Dijelaskan dia, upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus corona tak bisa jika hanya dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung saja. Semua pihak harus terlibat. 

"Jangan kita masuk terlalu berlarut-larut dengan kekhawatiran berlebih. Saya mengimbau kepada warga harus lebih berhati-hati, dan kita upayakan mudah-mudahan di Bandung tidak terjadi," ucapnya. 

Oded pun berpesan agar warga masyarakat Kota Bandung lebih mendekatkan diri kepada Tuhan YME. Karena hanya dengan melalui pertolongan NYA, manusia bisa terhindar dari marabahaya. 

"Segala upaya akan kita lakukan, termasuk kesiapan rumah sakit. Intinya kita tidak bisa tergesa-gesa, karena itu tidak bagus. Pada intinya, kita harus meminta pertolongan kepada Allah SWT," ujar dia.

Dua WNI dinyatakan positif virus corona. Covid-19 di Indonesia itu, diketahui menyebar setelah dua WNI menjalin kontak dengan seorang warga negara Jepang yang positif corona. 

Ke dua WNI itu, merupakan seorang ibu berusia 64 tahun dan anak perempuan berusia 31 tahun. Keduanya merupakan warga Depok. Sedangkan  warga Jepang adalah teman dekat anak perempuan.  (yogo triastopo)