Formasi Mengejutkan Robert Alberts yang Tumbangkan Persela

Formasi Mengejutkan Robert Alberts yang Tumbangkan Persela
Pelatih Persib Bandung Robert Alberts. (Muhammad Ginanjar)



NILAH, Bandung - Keputusan mengejutkan diambil Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts saat menghadapi Persela Lamongan, Minggu (1/3/2020) malam.

Pelatih asal Belanda ini mencoba menurunkan Kim Jeffrey Kurniawan sebagai starter. Termasuk juga dengan Supardi Nasir. 

Padahal kedua pemain ini, jarang diturunkan, apalagi menjadi starter saat menghadapi beberapa laga uji coba yang telah dilakukan selama pramusim. 


Sebaliknya Robert lebih mengandalkan Zalnando yang bertukar posisi dengan Ardi Idrus di bek sayap. Lalu untuk posisi tengah, diisi Dedi Kusnandar atau Abdul Aziz Lutfi Akbar dibandingkan Kim Jeffrey Kurniawan. 

Meski demikian, formasi itu berhasil. Persib mengalahkan Persela Lamongan dengan skor cukup telak 3-0. Satu gol diciptakan Geoffrey Castillion di menit ke-38 dan dua gol lainnya dicetak Wander Luiz di menit ke-54 dan ke-69.

"Perlu diingat di masa pramusim Ardi bermain di sisi kanan dan Zalnando bermain di kiri tapi ketika liga berjalan, Supardi kembali ke dalam tim. Tapi itu adalah rencana untuk masa depan dan bagaimana perkembangan di dalam tim," jelas Robert usai pertandingan. 

Menurutnya pramusim menjadi kesempatan bagi para pemain untuk menunjukan kualitas terbaiknya. Bahkan menjadi bahan untuk menemukan formula terbaik tim. 

"Dan Kim hari ini saya pilih karena dirinya bisa melakukan penetrasi dengan larinya. Kedua striker butuh seseorang untuk masuk ke dalam sistem. Kalau kami memainkan pemain lain, itu akan sulit karena karakternya tidak masuk ke dalam tim. Itu adalah pergerakan taktikal," jelasnya. 

Supardi sendiri menyerahkan sepenuhnya dengan keputusan Robert yang memainkannya sejak menit pertama saat menghadapi Persela. 

"Starter semuanya haknya pelatih. Sebagai pemain, kita harus bisa memberikan yang terbaik. Ketika dilatihan, apa yang dilatih dimaksimalkan. Dan setiap diberikan keputusan bermain, saya siap selalu. Tugas saya berlatih semuanya ada keputusannya di pelatih," pungkas Supardi.(Muhammad Ginanjar)