Bukan Wanita, Barcelona Mencari 'Manita' di Bernabeu

Bukan Wanita, Barcelona Mencari 'Manita' di Bernabeu



INILAH, Madrid - Barcelona mencari 'manita' di Santiago Bernabeu. Apa itu? Kemenangan kelima kalinya secara beruntun.

Klub asal Catalunya itu selalu membukukan kemenangan pada empat lawatan terakhirnya di kandang Real Madrid tersebut. Pulang dari Bernabeu, Los Azulgrana selalu mempermalukan tuan rumah.

Tak hanya itu, kemenangan pada laga El Clasico pada Minggu (1/3/2020) atau Senin (2/3/2020) dinihari WIB ini akan membuat Barcelona unggul lima poin dari musuh bebuyutannya itu di klasemen sementara.


Performa fantastis Barcelona di Bernabeu diawali pada musim 2015/16 lalu. Kala itu, mereka membulan-bulani Real Madrid di hadapan pendukungnya sendiri.

Dua gol dari Luis Suarez, satu gol dari Neymar dan Andres Iniesta, membuat kemenangan 4-0 bagi pasukan yang saat itu ditaukangi Luis Enrique tersebut. Saat itu, Lionel Messi bahkan hanya jadi pemain cadangan karena baru pulih dari cederanya.

Messi kemudian memainkan peran penting saat Barcelona pulang membawa tiga poin lainnya dari Bernabeu di musim 2016/2017. Dia mencetak gol yang menyamakan kedudukan di babak pertama dan kemudian menentukan kemenangan lewat golnya di detik-detik terakhir pada laga yang berkesudahan 3-2 itu.

Pertandingan itu dikenang pula sebagai selebrasi simbolik bintang Argentina tersebut. Dia mengangkat nama dan nomor punggungnya di hadapan penonton tuan rumah.

Lawatan penuh kenangan lainnya terjadi semusim kemudian. Messi, Suarez, dan Aleix Vidal, menyumbang masing-masing satu gol pada kemenangan 3-0 di kandang Real Madrid. Pada laga ini, Dani Carvajal mendapat kartu merah karena menyentuh bola dengan tangannya.

Musim lalu pun Barcelona pulang dari Bernabeu dengan poin penuh. Ivan Rakitic menjadi pencetak gol satu-satunya pada pertandingan tersebut.

Musim lalu itu, Real Madrid juga menjamu Barcelona di ajang Piala Raja. Di sini pun, Barcelona menang 3-0.