Ini Tanggapan Dedi Kusnandar Soal Kapten Persib

Ini Tanggapan Dedi Kusnandar Soal Kapten Persib
dok/inilahkoran



INILAH, Bandung - Gelandang Persib Bandung, Dedi Kusnandar masuk dalam kandidat pemegang ban kapten tim untuk menghadapi musim 2020.

Pemain yang akrab disapa Dado itu akan bersaing dengan empat calon lainnya yakni Supardi Nasir, Fabiano da Rosa Beltrame, Victor Igbonefo dan I Made Wirawan. 

Meski demikian, Dado ogah memikirkan jabatan itu. Apalagi harus bersaing untuk mendapatkannya. Pemilik nomor punggung 11 ini hanya ingin fokus membela tim.

"Kalau itu (Kapten) saya gak mau pikirkan. Yang penting saya main maksimal. Soal itu bonus, terlepas dari siapa yang menjadi kapten. Yang penting tim menang dan bisa sama-sama kompak di tim ini," ujar Dado. 

Menurutnya, tidak mudah menjalankan jabatan sebagai kapten tim. Apalagi kapten tim itu dilakukan di Persib Bandung. 

"Kalau jadi kapten tanggung jawab pasti ada, apalagi di Persib. Kita tahu bagaimana tekanan, motivasi, target dari Persib. Jadi kalau jadi kapten atau tidak ya sama aja sebagai pemain Persib," tegasnya.

Dado sendiri tak nampak asing menjabat sebagai kapten. Hampir di setiap tim yang diperkuatnya, Dado menjadi pilihan sekalipun beberapa di antaranya bukan kapten utama.

Mulai dari Pelita Jaya U-21, Timnas U-23 bahkan saat membela klub asal Malaysia yakni Sabah FA, Dado sempat menggunakan ban kapten. Kini tradisi itu akan berlanjut di Persib Bandung musim 2020. (Muhammad Ginanjar)