Sejumlah Jalan di Purwakarta Perlu Naik Kelas

Sejumlah Jalan di Purwakarta Perlu Naik Kelas
net



INILAH, Purwakarta – Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kabupaten Purwakarta menyebutkan, dari total panjang ruas jalan milik kabupaten sepnajang 728,94 km itu kini tercatat 97,65 km yang mengalamai kerusakan.

Sekretaris DBMP Kabupaten Purwakarta Hariman Budi Anggoro mengatakan, dari jumlah jalan rusak itu 13,4%-nya berada di daerah pertambangan.

Dia tak menampik jika kerusakan jalan ini cukup berpengaruh terhadap mobilitas warga. Terlebih, saat musim penghujan seperti sekarang ini. Mengingat, di jalur yang rusak iitu sering menyebabkan banjir cileuncang.

“Terkait kerusakan jalan ini, kami akan segera berkordinasi dengan pihak Bappeda dan Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim),” ujar Hariman kepada wartawan, akhir pekan kemarin.

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil pantauannya jalan yang mengalami kerusakan ini ternyata masuk dalam ketegori kelas III. Di sisi lain, mobilitas warga di jalur tersebut cukup tinggi. Sehingga, pihaknya akan mengusulkan ke pihak terkait supaya jalan yang mengalami rusak tersebut kelasnya dinaikkan jadi kelas I.

“Kalau masih kelas III, dipastikan tak akan bertahan lama. Untuk itu, kelasnya harus ditingkatkan menjadi kelas I. Hal itu akan kami usulkan dalam rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD),” jelas dia.

Adapun jalur-jalur milik kabupaten yang masih kategori kelas III, salah satunya jalur Cikopak-BIC. Menurutnya, jalur penghubung antarkecamatan itu mesti adanya peningkatan. 

Hal tersebut sejalan dengan target pemerintah yang ingin mendongkrak perekonomian masyarakatnya. Tentunya, hal itu perlu dukungan melalui penyediaan infrastruktur yang bisa diandalkan. (Asep Mulyana)