Busyet...Hampir Semua Laporan Dugaan Korupsi Kejari Sumber Libatkan Kuwu

Busyet...Hampir Semua Laporan Dugaan Korupsi Kejari Sumber Libatkan Kuwu



INILAH, Cirebon - Kepala Kejaksaan Negeri Sumber Cirebon, Tommy Kristanto, mengatakan selalu siap kalau saja ada laporan dugaan kasus korupsi yang dilakukan pejabat atau OPD yang ada di Kabupaten Cirebon. 

Menurutnya, Kejaksaan bukan tidak mau menindaklanjuti dugaan dugaan korupsi yang dilakukan OPD-OPD, namun selama ini laporan dugaan korupsi yang masuk didominasi oleh kuwu.

“Selama lima bulan saya menjabat di sini, pengaduan yang masuk 95 persennya kasus-kasus kuwu. Otomatis yang tersangkut adalah kuwu dan perangkatnya. Aturannya ya kita tangani dong," kata Tommy kepada wartawan, Senin (10/2/2020).

Dirinya menjelaskan, didominasinya laporan dugaan korupsi oleh kasus kuwu, bukan berarti Kejaksaan tidak memantau dugaan kasus korupsi dari kalangan eksekutif. Ketika ada laporan dengan skala besar, kejaksaan pasti akan menindak lanjutinya. Asalkan, disertai dengan indikasi yang kuat serta alat bukti yang cukup. Masalahnya, banyak laporan dengan indikasi yang kuat tanpa disertai alat bukti yang cukup.

"Dalam seminggu kasi intel menerima laporan yang didominasi kasus kuwu itu, sampai 6 laporan. Satu laporan kita kasih waktu 14 hari dan harus selesai. Belum juga kelar, datang laporan lain. Kita kerepotan karena SDM terbatas," ungkap Tommy. (maman suharman)