Sempat Kosong, JPT di Pemkab Purwakarta Telah Diisi Pejabat Terbaik

Sempat Kosong, JPT di Pemkab Purwakarta Telah Diisi Pejabat Terbaik
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat pengukuhan lima kepala dinas baru, Jumat (7/2/2020). (Asep Mulyana)



INILAH, Purwakarta – Sebanyak lima jabatan Pimpinan Tertinggi (JPT) pratama di lingkungan Pemkab Purwakarta, mengalami kekosongan sejak pertengahan 2019 lalu. Sejak saat itu, pemerintah melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat menyelenggarakan lelang jabatan untuk mengisi kekosongan di lima instansi tersebut.

Di akhir tahun kemarin, proses penyelenggaraan lelang jabatan yang digelar melalui open bidding ini telah berlangsung. Sejak dibuka, tercatat ada 41 pendaftar untuk mengisi lima jabatan kepala dinas tersebut.

Adapun, posisi JPT yang kosong ini di antaranya untuk jabatan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes); Kepala Dinas Perhubungan; Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD); Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP), serta Kepala Dinas PU, Bina Marga dan Pengairan.

Proses open bidding pun telah usai. Pada akhir Januari kemarin, sudah ada hasil siapa saja yang lolos untuk memperebutkan lima jabatan tersebut. Hari ini, nama ke lima pejabat terpilih sudah diumumkan, termasuk langsung dilantik.

“Proses demi proses sudah dilalui. Alhamdulillah, berjalan sesuai jadwal. Hari ini, kita melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan untuk lima pejabat terbaik,” ujar Anne usai pengukuhan lima kepala dinas baru itu, Jumat (7/2/2020).

Anne menjelaskan, ke lima pejabat ini adalah mereka yang menempati posisi ranking pertama dengan nilai tertinggi dari hasil seleksi open bidding kemarin. Kendati, memang secara undang-undang, bupati punya hak prerogatif untuk memilih di antara tiga.

“Tapi, saya memilih yang terbaik di antara yang baik,” jelas dia.

Anne menambahkan, mulai saat ini Dinas Pemerdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) di kepalai Jaya Pranolo. Kemudian, Kelapa Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Mohamad Ramdhan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Pengairan (PU Bina Marga), Ryan Oktavia, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), R Iwan Soeroso Soediro dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Deni Darmawan.

Bupati berharap, kelimanya mampu melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan sesuai dengan apa yang mereka sampaikan ketika proses ekspos dari makalah yang diwawancara disampaikan penuh dengan kreatifitas, gagasan dan lain sebagainya itu harus diwujudkan.

“Yang jelas, mereka harus sejalan dengan visi misi saya yang telah tertuang dalam RPJMD. Tentunya, juga harus memberikan dampak terhadap percepatan pembangunan di Purwakarta. Dan tidak kalah penting yaitu mengoptimalkan pelayanan pada masyarakat,” pungkasnya. (Asep Mulyana)