Disdik Kota Bandung Akan Tambah Daya Tampung Siswa

Disdik Kota Bandung Akan Tambah Daya Tampung Siswa
Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung Dani Nurahman. (net)



INILAH, Bandung - Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung Dani Nurahman menyebutkan, dirinya memiliki program prioritas, yakni persiapan dalam menambah daya tampung siswa pada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri tahun pelajaran 2020-2021.

Salah satunya dengan cara mengoptimalkan dan membangun kapasitas SMP negeri yang berada di daerah blind spot dari lokasi permukiman penduduk. Mengingat, lulusan SD di Kota Bandung jumlahnya tidak berbanding lurus dengan daya tampung SMP Negeri yang ada.

Terlebih, para orang tua siswa setiap tahun ingin menyekolahkan anaknya ke SMP Negeri karena gratis dan memiliki daya tarik tersendiri.

"Sekolah yang akan dioptimalkan daya tampungnya yaitu sekolah baru, seperti SMP Negeri 55, 56, 57, 59, 60, 61, dan SMPN 62 Kota Bandung. Kami akan menambah kapasitas ruang kelas baru, sekolah rintisan lama yang kini menjadi sekolah eks rintisan. Sekarang sudah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN),” kata Dani Nurahman pada Rabu (5/2/2020).

Dani Nurahman menambahkan, pada 2017 sendiri ada lima sekolah yang telah mendapat NPSN, sedangkan di tahun 2018 ada 2 sekolah yang telah memiliki NPSN, yaitu SMPN 64 dan 65. Kini, pihaknya secara maraton dan secepatnya akan melakukan koordinasi dengan para kepala sekolah SMP Negeri. Apalagi mereka banyak yang baru dirotasi, serta ada juga yang promosi.

"Saya bersama rekan-rekan kepala sekolah akan mempersiapkan UNBK tahun ajaran 2019-2020 yang digelar tanggal 20-23 April 2020 dan merupakan yang terakhir. Oleh karena itu, mereka harus memiliki semangat yang sama, bersama-sama mengembangkan atau memfokuskan diri dalam menghadapi Ujian Nasional dan PPDB. Terlebih, PPDB yang selalu memiliki dinamika," pungkas Dani Nurahman. (okky adiana)