Ragukan Jadwal Kick Off Liga 1 2020, Persib Tetap Jalankan Persiapan

Ragukan Jadwal Kick Off Liga 1 2020, Persib Tetap Jalankan Persiapan
Foto: Muhammad Ginanjar



INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts masih ragu dengan jadwal kick off Liga 1 2020 yang rencananya akan digulirkan pada 29 Februari mendatang. 

Pasalnya sampai saat ini jadwal itu belum resmi ditentukan meski PSSI selaku induk organisasi sepak bola Indonesia sudah menggelar Kongres yang digelar 25 Januari lalu. 

"Memang jadwal Liga sudah ditentukan satu bulan lagi yaitu tanggal 29 Februari. Tapi saya belum melihat secara resmi itu akan digelar (tepat waktu). Mereka punya target tapi belum diresmikan kapan digelar," sesal Robert di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jumat (31/1/2020). 

Meski demikian, Robert akan tetap menjalankan program pelatihannya yang sudah digelar sejak 10 Januari lalu. Tujuannya agar kesiapan tim tetap terjaga jika Liga 1 2020 digelar sesuai rencana. 

"Kami sekarang bekerja sesuai rencana dan kami disiapkan untuk dalam kondisi siap dalam satu bulan ke depan. Sepekan terakhir juga kami juga melakukan pemusatan latihan," katanya.

Menurutnya hasil pemusatan latihan yang telah digelar di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) sejak Senin (27/1/2020) membuahkan tren yang positif. 

"Pemain saling mengenal satu sama lain dan membentuk kondisi fisik seperti level aerobic secara intensif. Sepekan ini kami berlatih dengan baik dan tidak ada yang merasa kram atau cedera," katanya.

Namun, Robert cukup menyayangkan lantaran jadwal uji coba melawan Selangor FA yang sebelummya akan digulirkan 11 Februari batal terlaksana. Sebab tim asal Malaysia itu menggantikan Sabah FA yang batal menjalani turnamen Gubernur Jatim yang akan digelar 10-20 Februari mendatang. 

"Selangor akan datang ke Bandung tapi kemarin dibatalkan. Maka kami mencari tim luar negeri yang bersedia datang tanggal 11 ke Bandung karena itu akan menjadi fase persiapan berikutnya kami," ucapnya.

Robert mengaku masih memerlukan banyak gelaran laga persahabatan untuk menguji para pemainnya sebelum terlibat di Liga 1 2020. 

"Jika Liga benar digelar pada 29 Februari atau awal Maret, maka kami butuh 2-3 uji coba lagi," katanya.

Robert memahami tidak mudah mencari lawan untuk beruji tanding. Terlebih saat ini sedang gencar virus corona yang terjadi di Wuhan, Cina. 

"Keputusan juga sudah diambil kami pertandingan yang sebelumnya sudah kami rancang di Singapura dan Malaysia dibatalkan untuk menghindari virus. Kami tidak ingin mengambil resiko untuk pemain dan staf karena bepergian. Jadi kami akan melihat nanti setelah tanggal 11 dan mencari siapa lawan tanding kami yang sesuai dengan standar kami," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)