Sport Center Purnawarman Memasuki Tahap Penyempurnaan

Sport Center Purnawarman Memasuki Tahap Penyempurnaan
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika (kiri). (Istimewa)



INILAH, Purwakarta – Pemkab Purwakarta terus berbenah. Memasuki tahun 2020 ini anggaran yang ada masih akan dioptimalisasikan untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana yang memadai bagi masyarakat.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menuturkan, salah satu fokus dirinya di 2020 ini yakni melakukan penataan di sejumlah fasilitas public. Di antaranya, kawasan Stadion Purnawarman. Di tahun ini, pihaknya telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 26 miliar untuk penataan pusat olahraga (Sport Center) tersebut.

“Tahun ini, kita fokus ke penataan stadionnya. Karena, untuk arena olahraga lainnya sudah tersedia sebelumnya. Misalnya, lapang basket in door, bulu tangkis, Tenis, lapangan futsal, arena perisai diri dan kolam renang indoor bertaraf internasional,” ujar Anne kepada INILAH, Kamis (30/1/2020).

Dalam penataan stadion Purnawarman yang berlokasi di Kelurahan Sindangkasih itu, pihaknya juga berencana membangun pusat kebugaran dan area khusus olahraga atletik. Misalnya, loncat tinggi, lari dan lempar lembing.

“Jadi, stadion itu tidak hanya difungsikan satu cabang olahraga saja. Tapi, nantinya ada fasilitas tambahan seperti arena olahraga atletik, trek jogging dan penambahan tribun penonton,” jelas dia.

Menurut Anne, Stadion Purnawarman memang sudah masuk dalam proyek sport center yang telah dicanangkan lima tahun lalu. Bahkan, detail engineering design (DED) sudah dibuat sejak 2017 lalu.

Namun, sejauh ini pembangunannya hanya bisa dilakukan secara bertahap. Karena, jika harus dilakukan sekaligus anggaran daerah saat itu tidak cukup memadai. Sedangkan, untuk tahun ini tinggal penataan stadionnya.

“Untuk penataan stadion ini, anggaran yang disiapkan sekitar Rp 26 miliar. Itu pun, sharing anggaran dengan bantuan provinsi. Karena, kebutuhan anggarannya cukup besar. Jadi, tak bisa diakomodir seluruhnya melalui APBD II,” sambung Anne.

Anne menambahkan, tahun ini merupakan tahap penyempurnaan dari pembangunan sport center di Purnawarman yang selama ini jadi kebanggan warga Purwakarta. Adanya sport center ini, pihaknya berharap bisa mengakomodir kebutuhan olahraga masyarakat. (Asep Mulyana)