Mengenal Robot Avioder Karya Siswa SMAN 1 Cibatu Purwakarta

Mengenal Robot Avioder Karya Siswa SMAN 1 Cibatu Purwakarta
Siswa SMAN 1 Cibatu Purwakarta menciptakan robot Avoider Wall Follower



INILAH, Purwakarta - Mantap betul hasil kreasi  para pelajar di SMAN 1 Cibatu, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta. Mereka menciptakan sebuah robot Avoider Wall Follower.
 
Robot temuan lima pelajar SMAN 1 Cibatu tersebut, adalah jenis robot halang rintang yang mampu secara otomatis berhenti apabila mendapat penghalang. Dalam ciptaan robotnya, para pelajar ini sendiri berhasil membuat temuan sensor otomatis.
 
Atas temuannya, para pelajar SMAN 1 Cibatu mampu menembus ranking sepuluh besar pada lomba robot Avoider tingkat Provinsi Jabar, yang diselenggarakan  Polytechnic Enjinering Indorama, belum lama ini.
 
Kepala Sekolah SMAN 1 Cibatu, Asep Sundu Mulyana mengaku bangga melihat anak didiknya  bersaing dengan 42 peserta lain tingkat SLTA se-Jawa Barat. Pihaknya berharap, penemuan para siswanya ini bisa terus dikembangkan. 
 
"Alhamdulillah, meskipun dari kampung, siswa kami bisa masuk 10 besar di tingkat Jawa Barat. Ini menjadi suatu kebanggaan bagi kami," ujar Asep, Selasa (8/1/2019).
 
Dia berharap, penemuan siswanya ini bisa terus dikembangankan sehingga menjadi produk robotik yang bermanfaat.  Karena, menurut dia, jika dibuat lebih besar robotik tersebut bisa di gunakan untuk kebutuhan industri. Salah satunya, yakni menjadi media pengangkut barang.
 
Dia menjelaskan, produk robotik lima siswanya ini telah dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir dengan tenaga pembimbing di sekolah tersebut. Bahkan, di sekolahnya pelajaran mengenai IT dan Teknologi juga masuk salah satu ekstrakurikuler siswa. 
 
"Meski bukan sekolah kejuruan, kami juga ingin ciptakan siswa yang mahir di bidang teknologi dan IT, " jelas dia. 
 
Kedepan, dia berharap, wawasan di bidang teknologi para pelajar ini juga mampu berkompetisi dan bersaing secara nasional. Bahkan,
targetnya lima siswanya ini bisa nersaing secara global.