Puluhan Gamers Bersaing Rebut Tiket Grand Final Piala Presiden Esport 2020 di Jakarta

Puluhan Gamers Bersaing Rebut Tiket Grand Final Piala Presiden Esport 2020 di Jakarta
Foto: Muhammad Ginanjar



INILAH, Bandung - Sebanyak 92 gamers sejati menunjukan skillnya di kompetisi Final Regional Barat Turnamen Mobile Premier League Piala Presiden Esports 2020 yang digelar di 23 Paskal Shopping Center, Pasir Kaliki, Kota Bandung, Sabtu (18/1/2020). 

Mereka berlomba-lomba menjadi yang terbaik untuk bisa mendapatkan jatah lolos ke Grand Final Piala Presiden Esports 2020 di Jakarta pada 1-2 Februari mendatang. 

Head of Businnes of Development MPL Indonesia, Resha Adi Pradipta mengatakan sebenarnya jumlah peserta yang ingin mengikuti Turnamen Mobile Premier League Piala Presiden Esports 2020 ini mencapai lebih dari 50 ribu orang. Jumlah ini tentunya membuat rekor jumlah pendaftar turnamen game perseorangan terbanyak di Indonesia.

"Seleksi tahap pertama dipilih sebanyak 128 pemain dengan skor tertinggi untuk berkompetisi di Final Regional Timur dan Barat. Di Bandung ini ada 96 tapi yang datang 92 peserta. Mereka akan memperebutkan 24 posisi dengan skor tertinggi menuju final di Jakarta. Di grand final ini akan ditambah 8 peserta lainnya yang sudah lolos dari Final Regional Timur," kata Resha. 

Pada tahap ini, lanjutnya seluruh peserta memainkan game Fruit Dart. Dalam game tersebut peserta mengharuskan menghabiskan seluruh buah yang muncul dengan cara melempar pisau ke arah buah sebanyak mungkin dan mencetak skor tertinggi dalam waktu yang telah ditentukan.

"Pemenang ditentukan berdasarkan skor tertinggi yang dihitung dari jumlah buah yang berhasil terpotong termasuk combo yang didapatkan," jelasnya. 

Resha beralasan bawah game Fruit Dart ini dipilih karena keseruannya. Dengan ini juga maka MPL ingin melakukan demokratisasi Esports sehingga siapapun dengan berbagai latar belakang kemampuan bermain game yang berbeda dapat mengikuti turnamen ini. 

"Jadi, bukan hanya untuk professional gamer saja," katanya..

Resha menambahkan bahwa turnamen ini merupakan kolaborasi antara Indonesia Esports Premier League (IESPL), Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Olahraga dan Pemuda, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) serta Kementerian komunikasi dan Informatika. 

Piala Presiden Esports 2020 adalah bentuk komitmen pemerintah dalam mengembangkan industri kreatif di Indonesia sekaligus mendukung pengembangan Esports di Indonesia. Ajang ini menyediakan total hadiah senilai Rp 1,5 miliar sedangkan untuk Turnamen MPL, hadiah yang disediakan Rp 250 juta. 

MPL selaku mitra penyelenggara Piala Presiden Esports 2020 ingin memperkenalkan game kompetitif yang dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia dan diterima oleh seluruh segmen. MPL menawarkan beragam arcade game yang dapat dimainkan secara perorangan dengan tujuan memperkaya industri e-sports di Indonesia. 

"MPL telah merevolusi konsep tradisional arcade game dengan mengemasnya menjadi platform yang mudah diakses melalui telepon pintar. MPL adalah platform untuk tumamen esports yang menghasilkan pemenang dengan kemampuan terbaik dalam berbagai kompetisi yang kami gelar setiap hari," pungkas Resha.(Muhammad Ginanjar)