Antisipasi Longsor, 19 Ribu Pohon Vetiver Ditanam di Bantaran Citarum

Antisipasi Longsor, 19 Ribu Pohon Vetiver Ditanam di Bantaran Citarum
Foto: Dani R Nugraha



INILAH,Bandung- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya menanam tanaman vetiver atau akar wangi pada lokasi bencana di Lebak dan Kabupaten Bogor untuk mencegah bencana longsor.

Diketahui, tanaman vetiver memiliki kekuatan yang mampu mencegah erosi atau longsor. Tanaman serupa juga ditanam dibantaran Sungai Citarum tepatnya di Sektor 6 Citarum Harum sebanyak 19 ribu pohon.

Komandan Sektor 6 Citarum Harum, Kolonel Arh Dodo Irmanto mengatakan tanaman vetiver ditanam dibantaran sungai Citarum untuk mencegah erosi atau longsor. Menurutnya, akar tanaman bisa menembus tanah serta bebatuan dengan kedalaman bisa mencapai 3 meter.

"Kekuatan akar tanaman vetiver sama dengan seperenam kawat baja,"  kata Dodo kepada wartawan di Oxbow Bojongsoang,  Minggu (12/1/2020). 

Dikatakan Dodo, jika tanah dibantaran sungai tergerus karena tekanan air yang kuat, tanaman vetiver tetap kuat bertahan. Tanaman vetiver juga memberikan nutrisi kepada tanaman lain yang tumbuh disekitarnya. Selain itu tanaman vetiver pun bisa dijadikan sebagai bahan untuk menjernihkan air dan menyedot racun.

"Kita pakai (benih tanaman vetiver) yang berumur 15 bulan, satu tanaman dipecah 15 sampai 20 pohon. Bibit vetiver atau yang dikenal akar wangi berasal dari Ciamis. 

Sementara itu, Brigjen TNI, Yudi Zanibar Bandep urusan Lingkungan Strategi Nasional, Deputi Bidang Pengkajian dan Penginderaan Setjen Wantannas mengatakan berdasarkan perintah Presiden Jokowi maka di lokasi bencana di Kabupaten Bogor dan Lebak akan ditanami tanaman vetiver. Sebelumnya, katanya presiden melakukan inspeksi ke lokasi longsor di Jasinga, Bogor akibat tergerus air.

"Beliau berdiskusi,kira-kira solusi agar tanah tidak rentan terhadap longsor. Oleh karena itu, 60 derajat kemiringan akan ditanam vetiver sejenis akar wangi sangat kuat dan di dalamnya bisa mencapai dua meter akarnya," ujarnya.

Menurutnya, pada satu meter persegi tanah bisa ditanam 14 tanaman vetiver. Saat ini, ia mengatakan yang tengah didiskusikan adalah bagaimana memasang vetiver di kemiringan 60 derajat.

"Rencana penanaman akan secepatnya dilaksanakan karena musim hujan. Prioritas di Jasingan, Kabupaten Bogor dan Lebak. Kekuatan vetiver seperenam kawat baja," katanya. (rd dani r nugraha).