Cegah Stunting, Sekolah di Purwakarta Diminta Tanam Padi Nutri Zinc

Cegah Stunting, Sekolah di Purwakarta Diminta Tanam Padi Nutri Zinc
Foto: Asep Mulyana



INILAH, Purwakarta – Berbagai upaya tengah dilakukan semua pihak, tak terkecuali jajaran Pemkab Purwakarta untuk mencegah stunting. Ya, Stunting adalah kondisi dimana tubuh manusia tak bisa tumbuh dan berkembang secara normal.

Stunting, selama ini menjadi salah satu masalah kesehatan yang menjadi perhatian serius semua pihak. Stunting biasanya menyerang anak-anak. Secara kasat mata, pertumbuhan mereka akan terlihat tidak normal alias lebih pendek (kerdil). 

Meski belum dikatakan sebagai penyakit, stunting ternyata harus diantisipasi. Karena, selain menyerang kondisi pertumbuhan anak tersebut, dampak lainnya akan menjadikan anak tersebut mudah sakit. Bahkan, yang paling parahnya, fungsi otaknya tidak bisa bekerja optimal.

Adapun upaya Pemkab Purwakarta untuk mencegah terjadinya stunting ini, yakni dengan menggalakan tanam padi yang memiliki kandungan zinc atau Zn cukup tinggi. Untuk saat ini, sekolah-sekolah yang ada didorong untuk menanam padi jenis tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto menuturkan, untuk menanam padi jenis ini tidak sesulit yang dibayangkan. Keterbatasan lahan, katanya, jangan dijadikan alasan. Karne menanam padi jenis ini bisa memanfaatkan media seperti ember ataupun kantong polybag.

“Ini menjadi gerakan kami di awal tahun ini. Setiap kelas di satu sekolah, wajib menanam minimal 20 pot padi varietas IR Zinc,” ujar Purwanto, Kamis (9/1/2020).

Menurut dia, tanaman padi ini nantinya bisa sekaligus menjadi media pendidikan bagi para siswa. Apalagi, padi jenis ini bagus untuk pencegahan stunting. Makanya, selain di sekolah pihaknya berharap para siswa juga bisa menanamnya di rumah dan dipantau pertumbuhannya.

“Kan lebih bagus, di samping dapat ilmu mereka bisa menghasilkan beras sendiri,” tambah dia. (Asep Mulyana)