Hanya 2,8 Juta, Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Purwakarta Meleset dari Target

Hanya 2,8 Juta, Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Purwakarta Meleset dari Target
net



INILAH, Purwakarta - Kasi Promosi Wisata Daerah Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Acep Yulimulya mengatakan, pada 2019 kemarin pihaknya menargetkan ada 4 juta kunjungan wisatawan. Namun, berdasarkan catatannya realisasi angka kunjungan selama tahun itu belum mencapai target.

"Sebenarnya, target kunjungan wisatawan 4 juta kunjungan ini tidak muluk-muluk. Karena, berkaca pada 2018 lalu jumlah wisatawan yang berkunjung ke wilayah ini bisa mencapai 2,3 juta pengunjung. Tahun 2019, dari target 4 juta itu realisasinya hanya 2,8 juta. Sebenarnya jumlah kunjungannya naik, tapi memang meleset dari target,” jelas Acep, Kamis (2/1/2020).

Menurutnya, tidak tercapainya target itu diakibatkan banyak faktor. Salah satunya faktor cuaca dimana selama kemarau panjang 2019 Taman Sribaduga yang jadi andalan penyumbang terbesar kunjungan wisatawan tidak beroperasi.

“Selama kemarau kemarin, kunjungannya menurun. Karena tak ada pertunjukan air mancur menari. Di sisi lain, lokasi wisata tersebut jadi penyumbang terbesar jumlah kunjungan ke daerah kami,” kata dia.

Meski demikian, pihaknya tetap bersyukur karena saat ini Purwakarta menjadi salah satu tujuan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Dia meyakini, ke depan jumlah kunjungan ini akan terus meningkat setiap tahunnya. (Asep Mulyana)