Bupati Anne Imbau Pengelola Wisata Siapkan Perangkat Keamanan Pengunjung

Bupati Anne Imbau Pengelola Wisata Siapkan Perangkat Keamanan Pengunjung
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.



INILAH, Purwakarta – Berwisata sambil bermain air di sebuah kolam renang siapa sih yang tak tergoda?. Air yang dingin dengan warna kebiruan nan jernih, pasti membuat setiap orang yang melihat ingin langsung menyeburkan diri.

Di musim liburan akhir tahun seperti sekarang ini, mungkin tak ada salahnya mampir ke Kabupaten Purwakarta. Pasalnya, di wilayah kecil yang diapit dua kota besar itu banyak terdapat banyak tempat wisata yang menyuguhkan wahana air seperti yang dimaksud. 

Lokasi wisata ini, hampir tersebar di setiap kecamatan yang ada. Tak heran, sejauh ini lokasi wisata tersebut menjadi salah satu penyumbang terbesar kunjungan wisatawan ke daerah ini.

Di momen liburan ini, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika berpesan supaya para pengelola wisata, terlebih yang menyuguhkan wahana air bisa lebih memperhatikan standar keselamatan bagi pengunjungnya.

“Bagaimana pun juga pengelola wajib menjamin keselamatan pengunjungnya,” ujar Anne kepada INILAH, Minggu (29/12/2019).

Anne menjelaskan, pihaknya akan segera membuat edaran yang berisi imbauan untuk para pengelola wisata ini. kendati, sebenarnya jajarannya tak henti-henti mengingatkan seluruh pengelola pariwisata yang ada ini.

“Besok (Senin), imbauannya akan kami sebar ke seluruh pengelola wisata yang ada,” jelas dia.

Dalam imbauan ini, ada beberapa poin yang harus diperhatikan oleh seluruh pengelola wisata ini. Di antaranya, para pengelola wajib menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjungnya.

Dari sisi keamanan, kata dia, pengelola wisata wajib menyiapkan perangkat keselamatan. Misalnya, menyiapkan petugas medis, lifeguard, medical tool, dan fasilitas penunjang lainnya.

“Untuk kenyamana juga tak kalah penting. Pengelola wajib memerhatikan aspek kebersihan lokasi,” pungkasnya. (Asep Mulyana)