Skuter Listrik Dilarang Beroperasi di Jalan Raya Kota Bandung

Skuter Listrik Dilarang Beroperasi di Jalan Raya Kota Bandung
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana /foto: INILAH/Yogo Triastopo



INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dengan tegas melarang skuter listrik beroperasi di jalan raya. Kebijakan itu digulirkan karena belum diketahuinya spesifikasi kendaraan. 

"Ini moda transportasi apa. Apakah sama dengan sepeda? motor? atau sama dengan apa? kalau ternyata dia sepeda, dia masuk jalur sepeda. Ini kan belum tahu," kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana pada Jumat (27/12/2019). 

Menurut dia, Pemkot Bandung telah meminta kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung untuk melarang skuter listrik beroperasi. Jika ada yang kedapatan beroperasi, agar segera diamankan. 

"Saya sudah minta Kadishub agar skuter listrik ini jangan dulu beroperasi di jalan raya. Nah kalau ada yang menggunakan di jalan raya, menurut saya tangkap saja. Karena memang riskan dari sisi keselamatan, ngeri saya juga lihatnya," ucapnya. 

Meski demikian, Pemkot Bandung dituturkan dia tidak anti teknologi. Skuter listrik tersebut dapat digunakan di kawasan tertentu seperti perumahan, kawasan cara free day dan area terbatas lainnya. 

"Kalaupun mau, mangga di komplek dan area terbatas lainnya. Kita tidak bisa bendung teknologi, tetapi harus ada dari sisi keamanannya. Untuk sementara ini dilarang beroperasi dan kita juga sudah ingatkan dan surati penyedianya," ujar dia. (yogo triastopo)