Begini Langkah Pemkot Bandung Antisipasi Pohon Tumbang

Begini Langkah Pemkot Bandung Antisipasi Pohon Tumbang
Ilustrasi/Antara Foto



INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah melakukan antisipasi pohon tumbang di musim penghujan tahun ini. Pohon di ruas jalan protokol menjadi fokus.

Hal itu, seperti dikatakan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung Dadang Darmawan.

“Untuk program penanganan pohon menghadapi musim hujan, sudah kami lakukan, bahkan dari enam bulan sebelumnya. Kita sudah mengidentifikasi pohon-pohon mana saja yang rawan patah dahan atau tumbang,” kata Dadang pada Rabu (25/12/2019).

Menurut dia, DPKP3 telah melakukan perampingan di sejumlah titik, terutama pohon-pohon yang berada di ruas jalan protokol yang berpotensi menimbulkan ancaman.

Seperti halnya di kawasan Dago, ditambahkan dia, beberapa pohon telah dilakukan pemangkasan hingga upaya penebangan dengan tetap menjaga keasriannya.

“Sudah ada beberapa yang kita pangkas dan tebang, karena dinilai dari sisi kesehatan pohon yang kurang baik. Dari Taman Dago ke arah atas, itu jenis Pohon Damar. Dan dari Taman Dago ke bawah, itu jenis Pohon Mahoni. Nah yang rawan itu yang jenis damar,” ucapnya. (yogo triastopo)