Tujuh WBP Dapat Remisi Natal, Satu Lainnya Bebas Bersyarat

Tujuh WBP Dapat Remisi Natal, Satu Lainnya Bebas Bersyarat
Foto: Asep Mulyana



INILAH, Purwakarta – Sebanyak tujuh orang napi yang tengah menjalani masa pembinaan Lapas Kelas II B Purwakarta mendapatkan Remisi Khusus di momen Natal 2019 ini. Ketujuh warga binaan pemasyarakatan (WBP) terebut mendapatkan remisi mulai dari 15 hari hingga 1 bulan 15 hari.

Kasi Binapi dan Giatja Lapas Purwakarta, Asep Saripudin menuturkan, WBP yang mendapat remisi khusus selama 15 hari berjumlah 1 orang. Kemudian, yang mendapat remisi 1 bulan sebanyak 5 orang dan satu orang mendapat remisi selama 1 bulan 15 hari.

“Di momen Natal ini, ada 1 WBP lainnya yang bebas, karena mendapatkan pembebasan bersyarat,” ujar Asep, Rabu (25/12).

Asep menjelaskan, pemberian remisi dimaksudkan untuk memberi harapan agar warga binaan bisa terus memperbaiki diri dan dapat mengikuti program pembinaan di dalam Lapas. Dia berharap WBP yang mendapatkan remisi khusus pada tahun ini, dapat meresapi momentum Natal yang damai penuh berkat dan dapat bersyukur kepada Tuhan YME.

“Semakin cepat mereka merubah perilakunya menjadi baik, maka dapat lebih cepat pula mereka berintegrasi kembali dengan masyarakat,” kata dia.

Untuk diketahui, Lapas kelas II B Purwakarta, saat ini dihuni oleh 505 orang yang terdiri dari WBP berstatus tahanan 116 orang dan narapidana 389 orang. Sebenarnya, jika melihat kelas dan kapasitas, Lapas ini sudah dalam kondisi overload. Mengingat, kapasitas lapas tersebut hanya memuat 250 tahanan. (Asep Mulyana)