Libur Nataru, Pengelola Wisata Perhatikan Kenyamanan dan Keamanan

Libur Nataru, Pengelola Wisata Perhatikan Kenyamanan dan Keamanan
Ilustrasi (net)



INILAH, Purwakarta – Di Kabupaten Purwakarta terdapat banyak tempat wisata berbasis alam. Bahkan, keberadaannya lebih mendominasi di bandingkan jenis wisata lain.

Lokasi wisata alam ini tersebar di setiap kecamatan dan menjadi salah satu penyumbang terbesar kunjungan wisatawan ke daerah. Sangat disayangkan apabila pengelolanya tak memperhatikan standar keselamatan bagi pengunjungnya. Padahal, bagaimanapun juga kenyamanan dan keamanan harus dijamin pengelola wisata alam

Kabid Pariwisata dan Kebudayaan, Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Irfan Suryana menuturkan, selama ini pihaknya tak henti-henti mengingatkan seluruh pengelola pariwisata yang ada. Menjelang libur Natal dan Tahun Baru kali ini pun, pihaknya kembali menyebar imbauan serupa.

“Dalam imbauan ini, ada beberapa poin yang harus diperhatikan oleh seluruh pengelola wisata ini. Di antaranya, para pengelola wajib menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjungnya,” ujar Irfan kepada INILAH, akhir pekan kemarin.

Dari sisi keamanan, sambung Irfan, pengelola wisata wajib menyiapkan perangkat keselamatan. Misalnya, menyiapkan petugas medis, lifeguard, medical tool, dan fasilitas penunjang lainnya.

Untuk kenyamanan sendiri, lanjut dia, yakni wajib memerhatikan aspek kebersihan lokasi. Misalnya, menyiapkan petugas kebersihan dan tempat sampah. Tak hanya itu, pengelola juga harus menerapkan sikap 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun).

“Intinya, prinsip Sapta Pesona (Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Kesejukan, Keindahan, Ramah dan Kenangan) harus dipakai. Kami juga meminta supaya pengelola wisata lebih intens melakukan koordinasi dengan pihak pemerintahan setempat untuk menjamin kenyamanan wisatawan,” tambah dia.

Irfan menambahkan, sejauh ini pihaknya terus turun ke lapangan untuk mengecek sudah sejauh mana para pengelola menerapkan standarisasi keselamatan pengunjungnya. Yang jelas, dalam hal ini pihaknya meminta kerja sama yang baik dari setiap pengelola pariwisata untuk terus mendorong Kabupaten Purwakarta sebagai daerah tujuan wisata. (asep mulyana)