Cegah Banjir, Pemkot Bandung Buat 5.000 Drumpori

Cegah Banjir, Pemkot Bandung Buat 5.000 Drumpori
Wali Kota Bandung Oded M Danial secara simbolis membuat drumpori di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kamis (19/12/2019). (yogo triastopo)



INILAH, Bandung - Memperingati Hari Bela Negara, Pemerintah Kota Bandung menggelar aksi pembuatan 5.000 drumpori. Wali Kota Bandung Oded M Danial secara simbolis membuat drumpori di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kamis (19/12/2019).

Sebanyak 5.000 drumpori tersebut merupakan persembahan dari beberapa Badan Usaha Milik Negara seperti PT DI, PT Pindad, PT Len, PT INTI, PT KAI, dan unsur pendidikan yaitu Unikom serta kader bela negara di lingkungan Kota Bandung.

“Hari ini peringatan bela negara yang digagas oleh Kesbangpol (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) sebanyak 5.000 drumpori. Saya harap ini terus dilakukan dan semua komponen memiliki ini. Utamanya di kawasan tengah ke atas bisa menahan laju air ke hilir sehingga tidak banjir,” kata Oded.

Menurutnya, peringatan bela negara, sebagai kesadaran masyarakat terhadap ketahanan bangsa. “Menghadapi persoalan ketahanan bangsa ini bukan hanya urusan pemerintahan saja, tapi semua anak bangsa memiliki tanggung jawab moral untuk keutuhan NKRI,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung Didi Ruswandi menyampaikan, gerakan drumpori sebagai pemanfaatan air untuk menyediakan air ketika musim kemarau dan menampung air ketika turun hujan.

“Pemanfaatan airnya sebagai charge. Kaitannya dengan banjir itu lebih meminimalisir konservasi air dan mereduksi banjir. Segi kebutuhan di daerah terbangun jika 100m2 itu butuh satu sumur resapan tiga meter kubik,” kata Didi. (yogo triastopo)